Cerita Detektif Ala Tornatore
Sumber gambar: www.walking-in-art-rhythm.com
in

Cerita Detektif Ala Tornatore

UGET UGET – Vila besar itu terlihat tua. Di depannya, terdapat halaman luas dengan rerumputan tak terurus. Dindingnya berwarna putih, tampak di beberapa bagian cat yang dikelupas hujan dan cuaca. Dari halaman menuju ke dalam rumah, kita seakan-akan masuk ke dalam mesin waktu dan menembus zaman yang berbeda.

Terdapat banyak perabot tua yang diperkirakan berasal dari zaman Renaissance, lukisan-lukisan dari Abad Pertengahan, dan banyak lagi benda-benda yang seakan-akan dikirimkan dari zamannya menuju zaman yang lain. Seperti kondisi rumah yang tak terurus, begitu pun karya-karya seni tersebut. Ditutupi debu tebal dan selimut berwarna putih untuk menutupi karya-karya tertentu.

Memasuki ruang utama, goresan mural dengan teknik trompe l’oeil menambah keindahan dan menguatkan kesan vila tersebut sebagai galeri yang ditinggalkan.

Meskipun vila tersebut muncul bukan di bagian awal film The Best Offer, laju cerita dan konflik dimulai dan berakhir di tempat tersebut. Dalam film terbaru garapan sutradara Giuseppe Tornatore, yang namanya melejit melalui Cinema Paradisso, kita akan dibawa untuk menelusuri dan memahami muasal kejatuhan dari protagonisnya yang selalu merasa gelisah.

Protagonis dalam film-film Mr. Tornatore selalu memiliki keunikan tersendiri untuk dipahami. Dimulai dari si kecil Tonto dalam film Cinema Paradiso yang tergila-gila dengan teknologi gambar bergerak dan suasana bioskop di kotanya; karakter pianis dengan kepribadian nyentrik dalam film The Legend of 1900; atau seorang remaja yang mengidap Oedipus Complex dan menjadikan Malena, wanita yang menjadi idaman setiap laki-laki di Kota Sicilia, sebagai objek perasaannya dalam film Malena.

Perkenalkan, protagonis kita kali ini adalah Virgil Oldman (Geoffrey Rush kembali membuktikan kemampuannya dalam berakting dan menghidupkan karakter), lebih sering dipanggil Mr. Oldman. Ia bekerja di rumah lelang yang cukup besar dan terkenal.

Selain itu Mr. Oldman juga dipercaya sebagai kurator yang teliti dalam membedakan karya asli dan palsu. Kesehariannya adalah rutinitas antara kegiatan kurasi, lelang, makan di restoran mewah dengan pelayan yang senantiasa menanti di sebelahnya penuh semangat, dan melakukan transaksi gelap dengan Bill ( Donald Sutherland), satu-satunya kawan dan sahabat yang diperkenalkan sepanjang film.

Oh, tunggu. Ada yang terlewat. Di waktu senggang ia sering menghabiskan waktu di rumah, sebuah apartemen besar yang juga dilengkapi dengan karya-karya seni lampau. Mr. Oldman selalu menghabiskan waktu di salah satu ruang rahasia tempat ia menyimpan potret lukisan wanita dari berbagai zaman. Pun salah satu kebiasaan uniknya yang lain selalu menggunakan sarung tangan.

Selain untuk menyentuh lukisan-lukisan potret wanita, hampir sepenuhnya peran tangan ditampakkan dengan menggunakan sarung tangan.

Tidak perlu menjadi seorang ahli untuk mengetahui jika The Best Offer sepenuhnya didukung oleh penampilan menawan Goeffrey Rush. Menjadi nyentrik bukan masalah baginya, menilik penampilan primanya sebagai Captain Barbossa dalam film Pirates of The Caribbean.

Mengisahkan proses kejatuhan Mr. Oldman, melalui serangkaian peralihan sikap dan sifat, narasi perlahan-lahan akan membawa kita dalam rasa penasaran yang luar biasa. Melalui rasa ingin tahu terhadap citra yang timbul setelah menemukan perkakas-perkakas kecil, setiap langkah dan pikiran Mr. Oldman akan membawa kita masuk ke sebuah dunia lain. Dunia yang dipenuhi tebaran karya-karya klasik.

Hingga pada puncak cerita, selayaknya Sherlock Holmes menguraikan analisa melalui teori deduksi. Kita sebagai penonton akan dibawa untuk terengah-engah menikmati setiap suspense dan kebenaran yang disajikan di akhir cerita.

Sumber gambar: www.walking-in-art-rhythm.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Berlibur itu Adalah Rehat Sejenak dari Facebook

Berlibur itu Adalah Rehat Sejenak dari Facebook

Candi Sambisari, The Hidden Paradise

Candi Sambisari, The Hidden Paradise