Catatan Harian Mengapa Sebaiknya Kita Menulisnya Ini Alasannya
Sumber gambar: id.aliexpress.com
in

Catatan Harian: Mengapa Sebaiknya Kita Menulisnya? Ini Alasannya

UGET UGET Dulu, banyak orang gemar menulis catatan harian. Mereka menyempatkan waktu untuk sekadar menuliskan apa yang terjadi hari ini. Tapi sekarang, mungkin peminatnya sudah berkurang. Banyak orang beralasan sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan hal itu. Padahal, ada banyak keuntungan jika kita menuliskan catatan harian lho.

Pertama, menuliskan kisah rahasia yang hanya untuk dibagi pada diri sendiri

Setiap orang tentu memiliki rahasia tersendiri. Tidak segala hal dapat dibagi dengan orang lain karena sebenarnya yang paling mengerti kita adalah diri kita sendiri. Kisah-kisah atau perasaan rahasia bisa kita tuliskan pada buku harian. Anggap saja saat itu kita sedang bercerita kepada hati kita sendiri. Hal ini dapat membantu meringankan beban dan membuat kita lebih lega dari pada hanya disimpan dalam hati saja.

Kedua, menyimpan memori silam yang layak untuk dikenang

Ini jelas. Dengan menulis catatan harian, kita dapat membaca lagi kenangan masa lalu yang berkesan di hati kita. Hal ini dapat membuat kita tersenyum kembali saat mengingatnya. Catatan harian biasanya juga dilengkapi dengan keterangan waktu seperti tanggal yang tepat ketika memori masa lalu terjadi. Dari keterangan yang tertulis dalam buku harian tersebut, kita dapat mengingat tanggal-tanggal yang berkesan dalam hidup kita.

Ketiga, belajar dari kesalahan

Sesuatu yang dituliskan dalam catatan harian tidak selalu yang baik-baik dan menyenangkan saja. Bahkan ada hal buruk yang mungkin tidak dapat diceritakan kepada orang lain dapat kita tuliskan secara bebas dalam buku harian. Dengan membuka lagi kenangan pahit masa lalu, kita dapat belajar dari sana dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Keempat, belajar jujur pada diri kita sendiri

Menuliskan catatan harian berarti menuliskan apapun yang kita alami dengan sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa. Dalam menuliskan kisah pribadi kita tersebut, kita harus jujur pada diri kita sendiri. Hal ini dikarenakan apa yang kita tuliskan adalah semua yang kita rasakan. Senang, sedih, suka, benci dan perasaan lain terhadap suatu hal kita coba deskripsikan melalui kata-kata. Jadi, dengan menuliskan catatan harian ini, kita juga dapat belajar untuk lebih memahami diri kita sendiri, jujur dengan segala hal yang kita rasakan.

Nah, banyak kan manfaatnya menulis catatan harian. So, tunggu apa lagi? Kita bisa menuliskan kisah kita dari sekarang. Tidak memulu harus tertulis di dalam buku. Di era serba digital ini, kita bisa menggunakan laptop atau handphone untuk menuliskan catatan harian kita tersebut.

Kalau ingin lebih praktis dan aman, buat dua akun email, dan kirimkan catatan harianmu dari email satu ke email yang satunya. Cara itu dapat menjaga privasimu agar lebih aman, tapi jangan sampai lupa passwordnya ya. Akan sangat disayangkan ketika kisah masa lalumu tidak dapat dibaca kembali.

Sumber gambar: id.aliexpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Iklan Sensual: Konsumen Terpikat, Produk Meningkat

Iklan Sensual: Konsumen Terpikat, Produk Meningkat

Tindakan Bijak yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Seminar Proposal Harus Ditunda oleh Dosen

Tindakan Bijak yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Seminar Proposal Harus Ditunda oleh Dosen