Cat Kuku dari Bahan Alami Daun Pacar, Pernah Coba?
Sumber gambar: lifestyle.kompas.com
in

Cat Kuku dari Bahan Alami Daun Pacar, Pernah Coba?

UGET UGET – Kuku yang cantik juga menunjang kemenarikan penampilan. Karenanya banyak wanita menghias kukunya, mulai dari memotong, mengikir, hingga mengecat kuku. Bagi para wanita, kuku yang berwarna menimbulkan kesan tertentu. Karenanya tak jarang wanita mengoleskan cat kuku atau familiar dengan sebutan kutek pada kukunya.

Sayangnya banyak wanita begitu terpesona pada keindahan yang dihasilkan dari kutek. Padahal kutek mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Dalam kutek terkandung empat zat berbahaya, yaitu formalin, toluene, etil esatat, dan phytilates.

Sudah banyak artikel menyebutkan dampak negatif kutek bagi kesehatan. Dalam laman kompas.com misalnya, disebutkan cat kuku dapat memicu iritasi pada mata, pusing, gangguan syaraf jantung, penyakit lambung, iritasi lambung, membuat kuku semakin rapuh, hingga kanker. Bahkan saya pernah membaca pada sebuah artikel, bahwa kutek berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan.

Saya tidak akan membahas terlalu dalam mengenai dampaknya bagi kesehatan. Namun, lebih kepada mengajak kita semua, khususnya para wanita untuk menstubtitusi kutek dengan bahan alami lain. Memangnya ada? Ada dong. Generasi 90-an tentu tahu dengan daun pacar kan? Kalian pasti pernah melewati masa kecil kalian dengan mewarnai kuku menggunakan daun pacar bersama teman-teman.

Ya, selain berkhasiat menyembuhkan luka, daun pacar juga bisa digunakan untuk mewarnai kuku. Meskipun warnanya hanya satu macam, yakni oranye semi kuning, setidaknya ini cukup membuat kukumu lebih berkilauan. Caranya cukup mudah kok. Kalian cukup menumbuk daun pacar menggunakan tumbukan cobek. Setelah halus, oleskan tumbukan tersebut pada kuku kalian.

Oleskan dengan rapi agar warnanya merata ya. Daun ini masih agak basah ketika sehabis ditumbuk. Untuk meninggalkan warna oranye pada kuku, kamu perlu menunggunya hingga kering. Setelah kering kamu bisa melepaskan tumbukan daun pacar tersebut. Bila kurang bersih, kamu bisa membasuh kukumu. Jadi deh cat kuku alami dari daun pacar.

Bahkan tanpa perlu menumbuknya terlebih dahulu pun bisa. Kamu hanya perlu menggosok-gosokkan daun pacar pada kukumu hingga warna oranye keluar dari daun tersebut. Namun tentu hasilnya tidak semaksimal ketika ditumbuk terlebih dahulu. Untuk kamu yang belum tahu, apa tertarik untuk mencobanya?

Sumber gambar: lifestyle.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

LDR atau Friendzone? Mana yang Lebih Enak Dijalani?

LDR atau Friendzone? Mana yang Lebih Enak Dijalani?

Ini Catatan Penting Bagi Kamu yang Ekstrovert Saat Berada di Hadapan Calon Mertua

Ini Catatan Penting Bagi Kamu yang Ekstrovert Saat Berada di Hadapan Calon Mertua