waspada nyamuk demam penyakit kaki gajah
Sumber gambar: greeners.co
in

Cara Penularan Kaki Gajah, Waspada Nyamuk Dan Demam

UGETUGETPenyakit kaki gajah adalah penyakit yang disebabkan cacing filaria. Sebab itulah penyakit kaki gajah disebut juga filariasis. Meskipun, disebabkan oleh cacing, penyakit ini ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk.

Penyakit kaki gajah ini bersifat menahun. Ampuhnya, penyakit ini menyerang si penderita ini tanpa menimbulkan gejala apapun.

Aslinya cacing filaria ini berada secara tidak sengaja di tubuh nyamuk. Saat nyamuk menggigit orang yang ada larva filarianya, lalu larva itu akan masuk ke dalam lambung nyamuk. Larva lantas berkembang dan diam di dalam otot dada nyamuk.

penyakit kaki gajah
Sumber gambar: vebma.com

Dan saat nyamuk itu menggigit orang lain, larvanya pun ikut masuk ke tubuh orang itu. Kemudian berkembang dan bersarang di getah bening tubuh mangsanya. Setelah larva berkembang menjadi cacing, cacing ini akan menyumbat saluran getah bening. Getah bening yang menumpuk akan terus menggenang dan menyebabkan pembengkakan di kaki.

Biarpun begitu, gejala pembengkakan ini tak selalu disebabkan oleh filariasi.

Biasanya si penderita akan mengalami demam. Demam ini bisa terjadi berulang-ulang. Kalau tdak segera diobati, kaki orang yang terkena penyakit akan membesar dan membengkak.

Untuk mencegah tertularnya penyakit ini, hindarilah tergigit nyamuk pembawa larva filaria. Misalnya, dengan memakai kelambu, menutup ventilasi rumah dengan kasa nyamuk. Yang jelas kita harus memberantas nyamuk dengan membersihkan lingkungan sekitarnya. Jangan sampai ada genangan air.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tempat Ini Bikin Pede Untuk Membaca Buku

Tempat Ini Bikin Pede Untuk Membaca Buku

review film first man

Review First Man: Ini Bukan Tentang Teknologi 60-an, tapi Drama