Cara Mudah dan Murah Meningkatkan Kinerja PC
Sumber gambar: helpdeskgeek.com
in

Cara Mudah dan Murah Meningkatkan Kinerja PC

UGET UGET | Apakah komputermu mulai terasa lambat? Hal itu wajar karena setiap hari komputer digunakan menghasilkan file temporer yang akan menghambat kinerja komputer, tetapi bukan hanya itu saja yang menyebabkan komputer terasa lambat.

Setiap hari aplikasi diperbarui dan memerlukan sumber daya yang lebih banyak. Jika komputer tidak diperbaharui secara hardware, maka kamu akan merasakan komputer terasa lebih berat bekerja.

Satu hal yang paling mudah untuk meningkatkan kinerja komputer adalah dengan CPU atau processor. Kadang pengguna komputer lebih memilih menambah kapasitas memori dibandingkan prosesor. Saya dulu juga berpikiran seperti itu, tetapi hal itu salah.

Menambah kapasitas memori atau RAM hanya akan sedikit meningkatkan kinerja komputer, misalnya mempercepat waktu booting atau jumlah aplikasi yang bisa dibuka dalam satu waktu.

Yang paling tepat adalah meningkatkan processor. Tetapi yang harus diperhatikan adalah dukungan mainboard. Kamu harus memilih prosesor yang didukung oleh mainboard kamu.

Kemarin saya memutuskan untuk mengupgrade processor. Mainboard saya memiliki socket 1155, artinya saya harus mencari prosesor yang lebih tinggi dari prosesor yang sedang saya gunakan tetapi memiliki jumlah pin 1155.

Terus terang saja, itu adalah processor keluaran tahun sekitar 2015. Tidak terlalu baru tetapi masih bisa digunakan untuk menghandle pekerjaan saya saat ini. Harganya pun lebih murah dibandingkan prosesor keluaran terbaru.

Setahu saya ada prosesor intel i7 yang mendukung socket 1155, artinya saya masih bisa menggunakan prosesor core i7 walaupun bukan generasi terbaru. Kalau tidak salah nama sandinya sandy bridge.

Saya memang bukan ahli masalah-hardware, tidak terlalu mengikuti perkembangan hardware komputer PC. Tapi bentuk proses upgrade processor saya harus mencari beberapa review agar tepat menentukan mana seri yang akan saya gunakan.

Pilihan saya jatuh pada core i5 3470. Saat ini harganya sekitar Rp700.000 sudah dilengkapi dengan HSF. Cara memasang processor cukup mudah, saya mengikuti video ini. Tidak perlu datang ke tempat service komputer

Apakah harus menginstal ulang Windows?

Tidak perlu karena processor merupakan hardware plug and play, kecuali jika beda platform. Misalnya pindah dari intel ke AMD atau sebaliknya. Bukan hanya Windows saja yang harus diinstal ulang tetapi kamu juga harus ganti mainboard. Selama ini tidak ada mainboard yang mendukung prosesor dari dua kubu itu.

Alternatif cara meningkatkan kinerja komputer

Sebenarnya ada cara lagi untuk meningkatkan kinerja komputer yaitu mengganti hardisk dengan SSD. Kedua jenis penyimpanan ini memiliki mekanisme kinerja yang beda. Hardisk bekerja dengan cara berputar, sedangkan SSD seperti flashdisk. Tidak ada mekanisme berputar dan cara aksesnya lebih cepat dibandingkan hardisk.

Kekurangannya, SSD harganya lebih mahal dan kapasitasnya lebih kecil. Untuk kapasitas 1 TB harganya di atas 3 juta. Saya menggunakan SSD 256GB harganya sekitar Rp 500.000.

SSD hanya digunakan untuk menampung aplikasi sehingga bisa lebih cepat, sedangkan hardisk digunakan untuk menampung data seperti video dan gambar. Sistem operasi Windows juga ditaruh pada SSD sehingga waktu booting lebih cepat.

Komputer saya bisa booting dalam waktu 4 detik saja.

Itulah tips bagaimana meningkatkan komputer PC tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Semoga artikel ini berguna bagi kamu yang ingin meningkatkan kinerja komputer untuk menghindari pekerjaan sehari-hari.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

digitalbootcamp ruangguru

Keuntungan Belajar di Digital Bootcamp Ruangguru, Belajar Sambil Cari Teman

Prinsip Dasar Merakit Komputer PC untuk Gaming

Prinsip Dasar Merakit Komputer PC untuk Gaming