Update

Cara Merawat Tanaman Dengan Musik Klasik Hasilkan Produk Berkualitas

UGET UGET – Aktivitas bercocok tanam akan sangat menguntungkan ketika hasilnya memuaskan. Petani mana yang tidak senang ketika tanamannya tumbuh subur dan menghasilkan kualitas yang baik. Berbagai cara merawat tanaman diupayakan, seperti menggunakan media tanam yang baik, pemilihan bibit yang unggul, juga pengairan dan pasokan cahaya matahari yang baik. Namun berbeda dengan cara unik yang dilakukan seorang petani di China.

Seorang petani buah strawberry bernama Zhuang memiliki cara khusus agar buah-buah strawberry miliknya dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas tinggi. Lahan strawberrynya yang berada di Dataran Tinggi Cameeron ini setiap harinya, sedikitnya selama tiga jam ia dengarkan musik klasik. Aneh ya? Terus apa ada pengaruhnya?

Dilansir vemale.com, menurut Zhuang media tanam yang berkualitas saja tidak cukup membuat tanaman buah strawberry miliknya menghasilkan buah yang berkualitas. Perawatan yang maksimal dan penuh ketulusan perlu dilakukan untuk menghasilkan buah strawberry yang berkualitas tinggi.

Hasilnya tak mengecewakan guys. Buah strawberrynya jauh lebih manis, segar, dengan ukuran yang lebih besar daripada biasanya. Zhuang percaya pada kekuatan musik yang dapat membuat tumbuhan lebih bahagia.

Masih tidak percaya? Zhuang sendiri telah membuktikannya lho. Ide untuk mendengarkan musik pada tumbuhan ini rupanya muncul pertama kali dari rekan sesama petaninya asal Jepang. Namun tidaklah instan untuk menemukan teknik ini.

Ternyata sebelumnya Zhuang telah melakukan beberapa percobaan. Mulai dari memperdengarkan suara kicau burung, debur ombak, hingga suara-suara menyenangkan lainnya. Namun hasil panen buahnya tidak sebagus musik klasik.

Kalau pada manusia, musik klasik memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Bahkan saat masih berada dalam kandungan, musik klasik baik untuk merangsang perkembangan otak bayi saat dalam kandungan. Selain itu, mengingat tumbuhan juga sebagai makhluk hidup, sepertinya musik klasik dapat bekerja pada tumbuhan layaknya pada manusia.

Menurut saya, musik memang memiliki pengaruh yang baik. Musik bisa memperbaiki mood yang sedang buruk. Musik juga memberikan ketenangan sehingga kita jauh lebih rileks dan semangat untuk menjalani rutinitas. Maka, meskipun pengaruh musik klasik terhadap tanaman belum dibuktikan secara ilmiah dalam penelitian, kita ini tidak dapat langsung mengatakan cara ini sepenuhnya tidak masuk akal.

Tanaman juga pasti punya ancaman tersendiri yang membuatnya merasa “stres”. Terlebih menghadapi cuaca yang tak mendukung pertumbuhannya. Atau ancaman dari luar berupa hewan-hewan yang sering mengganggu kelangsungan hidupnya. Cara ini setidaknya bisa dicoba, toh ini juga tidak akan merugikan petani.

Sumber gambar: dengarden.com

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi