Cara Mengatasi Stres, Pakai 5 Kunci Ini uget uget

Cara Mengatasi Stres, Pakai 5 Kunci Ini

UGET UGET – Pernahkah kalian merasa stres? Saya yakin setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya stress. Ada cara mengatasi stres yang perlu kamu ketahui.

Sebelum itu, kamu perlu tahu kalau stres terjadi karena berbagai penyebab. Bisa jadi diakibatkan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang terlalu padat, sehingga membuat pikirannya jenuh dan akhirnya stress.

Selain itu, stres bisa diakibatkan karena tekanan psikis yang timbul dari suatu masalah yang terlalu berat. Misalnya, ada suatu permasalahan keluarga antara suami istri yang akhirnya berujung perceraian. Permasalahan itu akhirnya membuat mereka menjadi stres.

Lebih sederhana lagi, misalnya sebagai anak sekolah atau mahasiswa pasti sering merasa kalau tugas-tugas sekolah atau tugas kuliah terlalu banyak dan sulit. Apalagi tugas-tugas itu harus diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan, misalnya minggu depan harus dikumpulkan.

Akhirnya yang terjadi adalah stres. Nah, kalau sudah begini bagaimana solusinya? Di sini saya mau berbagi cara mengatasi stres.

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Guys, Tuhan adalah satu-satunya tempat kita berlindung dan bercerita. Kalau hati dan pikiran kita sedang merasa lelah, jenuh, bahkan stres, sudah saatnya kita berbagi cerita kepada Tuhan. Tuhan nunggu curhatanmu, lho, karena Tuhan paling suka mendengarkan keluh kesah kamu kepada-Nya.

Jangan pernah berpikir kalau Tuhan tidak membantu kamu ketika kamu dalam keadaan susah. Justru Tuhan menunjukkan kebaikannya dan kecintaannya kepada kamu dengan mengujimu terhadap suatu masalah.

Semakin kamu bisa mengatasi dan melewati masalah itu, semakin tinggi derajat kamu di hadapan Tuhan. Semakin kuat pula kamu menghadapi masalah, semakin menjadikanmu orang yang lebih dewasa.

Tuhan selalu ciptakan suatu masalah, tapi dibalik itu semua selalu ada solusinya. Ini cara mengatasi stres paling utama.

  1. Sharing kepada keluarga

Setelah kamu curhat sama Tuhan, kamu juga bisa curhat kepada keluarga dekat, misalnya ibu. Keluarga itu akan selalu ada buat kamu karena merekalah yang sebenarnya mengerti kamu.

Keluarga adalah tempat yang bisa dipercaya. Kalau kamu cerita dengan keluarga, saya yakin keluarga akan menjaga kepercayaan itu. Apapun yang kamu ceritakan kepada keluarga, misalnya ibu, pasti seorang ibu akan mengerti keadaan dan masalahmu.

Semakin dekat dengan keluarga, semakin erat tali silaturahmi kamu dan keluarga. Dan Tuhan suka dengan umat-Nya yang dekat dengan keluarga.

  1. Olahraga

Stres memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika dibiarkan tanpa ada penanganan, tubuh kamu akan mudah sakit karena sistem kekebalan tubuhmu mengalami penurunan. Bahkan, kesehatan itu bisa mengganggu saluran pencernaan kamu.

Membiasakan melakukan olahraga akan membuat tubuh beradaptasi dan terbiasa menghadapi stres. Kamu bisa melakukan olahraga aerobik yang dilakukan rutin, misanya dilakukan minimal satu minggu sekali.

Olahraga yang rutin bisa melatih tubuh untuk merespon perubahan fungsi dan fisiologis tubuh lebih baik. Olahraga dapat menurunkan detak jantung yang terlalu cepat, otot yang menegang, dan tekanan darah yang meningkat menjadi normal kembali.

  1. Berlibur ke tempat alam

Jalan-jalan ke tempat alam itu perlu, lho. Di sana kamu dapat menikmati suasana yang berbeda. Udaranya yang asri dan sejuk bisa membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks.

Banyak kok tempat-tempat alam yang bisa kamu kunjungi. Kalau di Jogja, kamu bisa datang ke Hutan Pinus, Puncak Becici, Pantai di Gunung Kidul, dan lain-lain.

Misalnya kamu datang ke pantai, kamu bisa memandang luasnya laut sejauh mata kamu memandang. Melihat luasnya laut di pantai bagus untuk kesehatan mata kamu. Apalagi buat kamu yang sering ngutek laptop atau handphone pasti membuat mata kamu lelah. Nah, cara ini bisa mengatasi mata kamu yang lelah.

  1. Atur ulang schedule kerjaan atau aktivitas kamu

Terkadang pekerjaan yang menumpuk itulah yang membuat diri kamu stres. Pekerjaan ini mungkin sebenarnya bisa dikerjakan di hari-hari sebelum deadline. Kalau dikerjakan kebut semalem pasti stres, tuh. Bahaya banget kalau kamu nggak segera mengatasi masalah ini.

Pada umumnya orang sering menganggap remeh atau menunda-nunda pekerjaan.

“Tugasnya dikumpul minggu depan, kok. Tenang masih lama”.

Sering kan kamu ngomong begitu. Nah, sudah saatnya ubah pola pikir kamu buat atur ulang schedule tugas-tugas atau aktivitas. Kalau tugasnya dikumpul minggu depan setidaknya kamu sudah mencicil garapan mulai dari setelah tugas itu diberikan.

Tulis tugas-tugas yang harus kerjakan dan tanggal pengumpulannya. Prioritaskan tugas yang harus dikumpulkan terlebih dahulu. Kalau perlu buatlah alarm atau note supaya kamu ingat dan nggak malas-malasan.

Lima cara mengatasi stres di atas bisa sedikit membantu kamu, ya. Gunakan waktumu sebaik mungkin dan buang pikiran-pikiran negatif supaya stress nggak datang lagi.

Sumber gambar: www.gingersoftware.com

1

No Responses

Show all responses

Write a response