Cara Mengatasi Asam Lambung yang Berlebih, Tubuh Kembali Sehat
Sumber gambar: pedomanbengkulu.com
in

Cara Mengatasi Asam Lambung yang Berlebih, Tubuh Kembali Sehat

UGETUGET | Ketika seorang mengalami asam lambung yang berlebih, perut pasti terasa tidak mengenakkan. Biasanya asam lambung yang berlebih ditandai dengan beberapa gejala. Di antaranya gangguan pernafasan dan bau nafas yang kurang sedap.

Seseorang yang memiliki asam lambung tinggi juga kerap bersendawa dan perutnya kembung. Bahkan kerap mengalami sakit pada bagian tenggorokan dan disertai batuk berdahak.

Asam lambung tinggi akan membuat tubuh jadi rapuh, gairah tak ada dan mudah sakit. Kulit akan terlihat kusam, demam dan rambut rontok. Diambil dari beberapa sumber terkait cara mengatasi asam lambung, kita dapat mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti berikut ini:

Asam lambung berlebih sangat menyiksa
Sumber gambar: cnnindonesia.com

Pisang

Buah pisang mengandung banyak kalium yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu menyeimbangkan produksi asam lambung. Dan untuk asam lambung berlebih dianjurkan mengkonsumsi buah pisang sebelum makan atau saat perut terasa tidak nyaman.

Susu Segar

Susu segar adalah jenis susu yang diolah dari susu murni tanpa campuran apa pun. Makanan yang mengandung kalsium sangat tinggi ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung.

Di samping itu, susu pun bisa membuat perut menjadi lebih nyaman, meningkatkan pH dalam saluran pencernaan dan mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan.

Jahe

Cara mengobati asam lambung dengan jahe adalah dengan memasukkan jahe yang sudah disangrai ke dalam minuman teh atau susu. Minum sebelum tidur. Kamu akan merasa lebih baik setelah bangun.

Apel

Terkhusus, bagi orang yang mengidap maag atau asam lambung, disarankan untuk memakan buah apel sebanyak dua buah per harinya.

Teh Hangat

Konsumsi jenis teh hitam, hijau maupun teh yang dicampur dengan daun melati. Teh mengandung senyawa khusus yang bisa membantu menenangkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung dalam waktu yang sangat cepat.

Makanan yang Mengandung Vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin B, terutama B2 dan B6 dapat mengurangi produksi asam lambung. Beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah hati, berbagai jenis kacang-kacangan, bayam, ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden.  

Ubah Gaya Hidup

Asam Lambung
Sumber gambar: goaceh.co

Gaya hidup sehat punya peran yang  besar untuk kesehatan asam lambung ini. Diantaranya:

– Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.
– Lakukan olahraga ringan secara teratur.
– Konsumsi air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Dianjurkan minum air mineral minimal 8 gelas per hari.
– Jaga pola istirahat dan hindari stres. Orang yang kurang tidur akan mengalami gangguan produksi asam lambung yang berdampak sangat buruk untuk tubuh.

Jaga Pola Makan

Bagaimanapun, makanan menjadi sumber penyebab asam lambung yang cukup besar karena berdampak seketika pada lambung dan bagian perut lain.

Adapun jenis makanan yang wajib dihindari untuk penderita asam lambung, yakni:

– Makanan yang terlalu asam dan pedas.
– Makanan yang banyak mengandung minyak.
– Makanan yang banyak mengandung lemak.
– Makanan yang mengandung alkohol.
– Makanan berkarbonasi.

Di samping jenis makanan itu, alangkah baiknya untuk tidak makan berlebihan dalam waktu yang bersamaan.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Di Balik Nama Indah Badai, Waspada Musim Hujan Dan Badai

Di Balik Nama Indah Badai, Waspada Musim Hujan Dan Badai

Embung Potorono, Tempat Wisata yang Asik Untuk Masyarakat

Embung Potorono, Tempat Wisata yang Asik Untuk Masyarakat