Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main HP, Tips Ibu di Jepang Ini Bisa Ditiru
Sumber gambar: teknorus.com
in

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main HP, Tips Ibu di Jepang Ini Bisa Ditiru

UGET-UGET | Di era modern seperti saat ini, handphone merupakan salah satu benda wajib yang nampaknya wajib dibawa kemana-mana oleh seseorang. Penggunaan HP juga tidak luput dari tangan-tangan mungil anak kecil yang meminjam HP milik orang tuanya. Sesungguhnya di usia mereka yang masih kecil, belum saatnya ia untuk bermain HP. Lantas bagaimana cara mengatasi anak kecanduan main HP?

Saat ini HP merupakan barang yang hampir sebagian orang memilikinya. HP yang fungsinya digunakan untuk berkomunikasi, tidak jarang pula digunakan orang tua untuk menghibur anaknya agar tidak rewel. Jika dari kecil anak sudah terbiasa menggunakan HP, hal tersebut juga bisa berdampak buruk untuknya.

Misalnya mulai dari ketika dia rewel atau menangis karena tidak diberikan HP, hingga pada kecanduannya dalam bermain HP. Mungkin awal-awal orang tua hanya memberikan program aplikasi game yang bagus untuk anak, tetapi anak zaman sekarang semakin pintar. Ia semakin pandai dalam bermain HP.

Memang alangkah baiknya sejak kecil anak tidak dikenalkan dengan HP. Anak harus diajak bermain dengan mainan yang dapat merangsang kecerdasan motorik atau sesuai dengan usianya. Selain itu anak juga harus sering-sering diajak keluar atau main di lingkungan alam. Hal ini akan membuat anak belajar dengan lingkungan sekitarnya. Ia pun tidak hanya terpaku pada ruang sempit di rumah dan hanya dihibur oleh gadget.

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Main HP, Tips Ibu di Jepang Ini Bisa Ditiru
Sumber gambar: teknorus.com

Bagaimana Jika Anak Kecanduan HP?

Mengatasi anak kecanduan main HP memang susah-susah gampang. Sebagai orang tua memang harus memiliki tips dan trik khusus agar anaknya tidak meminjam HP-nya lagi. Untuk itu langkah mudah yang harus dilakukan orang tua adalah dengan tidak bermain HP di depan anak. Ini penting sekali lho Bunda.

Saat Bunda tidak bermain HP di depan anak, si anak juga tidak akan merasa perhatiannya terbagi. Anak tentu akan jauh lebih senang ketika Bunda benar-benar memperhatikan si anak dengan penuh. Untuk itu jauhkan HP dari si anak ya Bunda.

Mungkin di luar sana juga sudah banyak disebutkan bagaimana caranya agar anak tidak kecanduan bermain HP. Nah Bunda, tips dari ibu di Jepang ini juga mungkin bisa menjadi solusi Bunda. Terkesan unik dan menyeramkan, seorang ibu di Jepang ini membagikan tips agar anak tidak meminjam HP milik orang tuanya lagi melalui akun Twitternya @kamanii24.

Ia memberikan tips kepada orang tua di luar sana agar memasang wallpaper HP-nya dengan gambar yang menyeramkan. Hal ini dimaksudkan agar anak takut serta tidak jadi bermain HP lagi.

“Anak-anak tidak akan main-main dengan ponsel Anda jika Anda mengatur latar belakang dengan gambar topeng Noh [能 面]. Saya merekomendasikannya,” tuturnya dengan sebuah foto.

Gambar topeng yang menyeramkan ini tentunya sudah tidak asing bagi mereka para penikmat film Jepang atau anime. Oleh masyarakat Jepang topeng tersebut disebut topeng Hannya yang digunakan dalam pementasan tradisional Jepang, seperti Noh dan Kabuki. Kisah dan gambarnya yang menyeramkan tersebut akan memberikan rasa takut kepada anak agar tidak bermain HP lagi.

Namun, topeng Noh yang dipilih oleh @kamanii24 untuk menakut-nakuti anaknya tidak berjalan dengan lama. Beberapa waktu kemudian anaknya mulai tidak takut dengan gambar tersebut. Hingga kemudian dia memposting gambar topeng yang baru, “Yang pertama tidak lagi berguna, jadi saya menemukannya yang baru”.

Nah Bunda itulah salah satu cara mengatasi anak kecanduan main HP. Bisa menjadi referensi bukan? Tips yang boleh ditiru ini juga harus dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya gambar wallpaper yang cukup menyeramkan ini juga bisa mengagetkan kita sendiri, terlebih lagi jika membuka ponsel ketika malam hari.

Sumber: Japannese Station

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Kafir Nuansa Baru dari Film Horor Indonesia

Kafir: Nuansa Baru dari Film Horor Indonesia

Presiden Filipina Rodrigo Duterte menghancurkan mobil mewah

Presiden Filipina Ini Menghancurkan 68 Kendaraan Mewah, Ditotal Sampai Trilyunan!