Cara Menemukan Sumber Minyak Bumi yang Akan Habis
Sumber gambar: naviri.org
in

Cara Menemukan Sumber Minyak Bumi yang Akan Habis

UGETUGET | Pernahkah teman-teman berpikir, bagaimana cara menemukan sumber minyak bumi yang tersimpan di perut bumi? Apakah dengan coba-coba dan asal menggali?

Asal Usul Minyak Bumi

Sebelum ada manusia, jutaan tahun lalu, bumi dihuni oleh makhluk laut, seperti plankton, ganggang, dan makluk laut lainnya. Ketika mereka mati, jasadnya tenggelam dan tertimbun tanah di dasar air.

Air dari sungai mengalir ke laut dengan membawa pasir dan batuan kecil. Pasir dan batuan kecil ini makin menimbun jasad tanaman dan binatang air tadi.

Semakin lama, tumpukan pasir dan batuan ini semakin keras (disebut sedimen). Jasad tersebut lama-kelamaan melapuk, dan setelah berjuta tahun kemudian, ia berubah menjadi minyak dan gas.

Itulah asal mula minyak bumi. Sementara, jasad yang tidak seutuhnya hancur, jadi fosil.

Di Mana Keberadaan Letaknya?

Pengeboran Minyak Bumi Waktu Senja
Sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id

Karena pergerakan perut bumi, sebagian tanah terdorong ke atas, menyembul dari lautan, dan menjadi daratan. Itulah kenapa sebagian sumber minyak bumi bisa ditemukan di daratan.

Sebab, tekanan suhu dari dalam bumi, minyak dan gas bumi terdorong ke atas.

Teman-teman sekalian, tahukah jika dibelah maka bumi akan tampak seperti kue lapis. Tentu saja, lapisannya berupa tanah dan batuan.

Minyak dan gas ini merembes ke atas melalui celah-celah tanah dan batuan yang berongga, sampai terjebak di bawah lapisan batuan yang keras.

Ada bagian tertentu dari lapisan batuan keras itu yang berongga seperti gua. Di tempat seperti itu biasanya terdapat banyak minyak dan gas bumi.

Semakin luas lapisan batuan keras, biasanya minyak  bumi yang dikandungnya semakin banyak.

Cara Kerja Pencari

Mencari sumber minyak bumi tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Ada cara khusus yang hanya bisa dilakukan oleh para geolog (ahli batuan bumi). Cara ini disebut survei geologi.

Mereka tahu bahwa tiap batuan punya daya magnetik sendiri. Daya magnetik batuan keras berbeda dari batuan yang lebih lunak.

Dengan menggunakan magnetometer (alat pengukur daya magnet), para geolog bisa mengetahui daerah mana yang batuannya keras dan mana yang tidak.

Di samping itu juga ada cara lain lagi yang digunakan untuk menjajagi kedalaman bumi. Cara ini disebut survei seismik.

Cara survei ini menggunakan alat khusus semacam gelombang kejut yang dipancarkan ke bumi. Alat ini dipasang di pesawat terbang ataupun di kapal laut.

Gelombang yang dihasilkan akan menghunjam ke perut bumi, menembus lapisan batuan dan memantulkan balik ke atas. Tiap lapis batuan akan memantulkan gelombang dengan power yang beda. Tergantung kerasnya batuan itu.

Dengan demikian, para geolog bisa mendapati gambaran kondisi batuan di bumi.

Waktunya Menggali

pengeboran minyak bumi
Sumber gambar: liputan6.com

Untuk menggali minyak bumi dibutuhkan biaya yang sangat besar. Padahal, belum tentu minyak bumi yang terkandung cukup banyak. Jadi harus diperhatikan dulu bahwa di bawah batuan keras itu ada banyak minyak buminya.

Cara pertama yang dilakukan adalah melakukan dengan cara mengebor batuan  itu. Dari potongan batuan yang tergali, para geolog bisa meneliti apakah di situ mengandung minyak bumi atau tidak.

Katakanlah galian pertama itu berhasil menemukan minyak. Mereka masih belum memutuskan melakukan penggalian besar-besaran.

Mereka masih perlu melakukan beberapa penggalian lagi untuk memastikan bahwa minyak bumi di situ jumlahnya banyak.

Setelah beberapa kali melakukan penggalian kecil, mereka baru bisa memutuskan akan melakukan penggalian besar atau tidak.

Setelahnya, mereka yakin bahwa terdapat banyak minyak bumi dari tempat yang mereka teliti, mereka akan membangun Rig. Rig ini adalah alat pengebor minyak.

Kalau kebetulan sumber  minyak yang ditemukan berada di dasar laut, maka rig dibangun menyerupai dermaga, Tiang pancangnya dibuat panjang sekali sampai menyentuh dasar laut. Pipa penggalinya pun panjang.

Setelahnya seluruh proses penggalian minyak bumi selesai. Para ahli akan mengembalikan kondisi bekas galian seperti sediakala. Tujuannya agar sisa galian tak menimbulkan kerusakan lingkungan hidup.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Melihat Keindahan Dan Keunikan Pantai Nampu

Melihat Keindahan Dan Keunikan Pantai Nampu

Membaca Gejala yang Ditunjukkan Bila Wanita Menyukai Anda

Membaca Gejala yang Ditunjukkan Bila Wanita Menyukai Anda