uget uget - Indie Boeng! Sebuah Film Tentang Cara Membuat Film Pendek
Sumber gambar: www.bhphotovideo.com
in

Indie Boeng!: Sebuah Film Tentang Cara Membuat Film Pendek

UGETUGETCara membuat film pendek sedang banyak dicari oleh generasi muda yang sedang gandrung. Entah sebagai sutradara, talent, script writer, atau kameramen, dan lain-lain.

Tapi sangat jarang terjadi ada film yang berbicara tentang film, apalagi tentang cara membuat film pendek. Dari sekian banyak film yang saya tonton, mungkin hanya beberapa saja yang demikian. “Apalagi film garapan anak SMA, mana ada?” pikir saya.

Hingga pada suatu hari, saya tahu sebuah film yang berjudul Indie Bung. Film ini masuk sebagai finalis Festival Film Surabaya 2014. Film ini merupakan hasil kerjasama antara SMKN 11 Semarang dengan Lab. Ilmu Komunikasi UMY. Film ini berada di bawah naungan Muse Production.

Selain tema cerita dan alurnya, yang membuat saya tertarik dengan film ini adalah pemeran utama prianya, yaitu Bagus ‘Bacep’ Sumartono: seorang Javanese Godfather.

Film dimulai dengan suara gelas yang terkena sendok karena air yang di dalamnya sedang diaduk. Ada sepasang suami istri yang sedang sarapan. Latar belakang tempat berada di meja makan.

Konflik dimulai saat si suami memuntahkan makanan yang dimasak oleh istrinya dan memakinya. “Panganan apa ta iki? Asin’e kok kaya ngene!” (Makanan apa sih ini? Asinnya kok begini!).

Lalu, “Nah ngono kuwi lho Mam film sing pengen takgawe ki.” (Nah, kayak gitu loh film yang mau kubikin.)

Seketika adegan berubah di sebuah warung angkringan. Ada dua remaja yang sedang asik ngobrol tentang film. Si Imam bertanya tentang pekerjaan si suami. Anto pun menjelaskan bahwa si suami bekerja sebagai buruh.

Anto juga berpendapat bahwa sebuah film itu tidak perlu terlalu cerewet dan kebanyakan gambar. Langsung to the point saja. Imam pun menimpali dengan pertanyaan teknis tentang sinematografi.

Dadi film-mu kuwi ameh arep nggawe gambar sing adoh ngono ta? Jenenge apa ya ta gambare kuwi?” ucap Imam sambil mengingat-ingat. (Jadi filmmu itu akan bikin gambar yang jauh gitu? Namanya apa yang gambar itu?)

“Long shot,” ucap pengunjung angkringan lain yang kebetulan sedang duduk dan mendengarkan obrolan mereka.

Ide cerita dari film ini sangat menarik. Saya penasaran dengan naskahnya. Berdasar eksekusinya, menurut saya film ini mencerminkan contoh naskah film pendek yang baik. Alur babaknya begitu rapi dan standar. Pantas jika film ini berjudul “Indie Bung”.

Dan mungkin juga bisa menyingkapkan sedikit pelajaran tentang cara membuat film pendek.

Sumber gambar: www.bhphotovideo.com

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

uget uget - Panji Manusia Milenium, Ingat Super Hero ini?

Panji Manusia Milenium, Ingat Super Hero ini?

uget uget - Kasus Prostitusi Online Nikahsirri.com Aduh, Mirisnya

Kasus Prostitusi Online Nikahsirri.com: Aduh, Mirisnya