Cara Kerja Tubuh Untuk Melindungi Kita
Sumber gambar: kapanlagi.com
in

Cara Kerja Tubuh Untuk Melindungi Kita

UGETUGETBarangkali, gaes, sudah tahu tubuh manusia ini tak dinyana dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Bisa dikatakan menyembuhkan diri sendiri adalah kemampuan yang dibilang aneh bin ajaib.

Aslinya semua organ dalam tubuh setiap hari bekerja sebagai pelindung yang berfungsi untuk melindungi diri kita dari segala gangguan kesehatan. Itulah cara kerja tubuh kita.

Dilansir dari banyak sumber menyatakan bahwa tak ada jeda bagi organ di dalam tubuh untuk terus bekerja memperbaiki sistem. Perlu disadari bahwa tubuh sanggup menyembuhkan dirinya melalui seluruh sistem yang saling berhubungan pada organ dan jaringan.

Bagian Leher di Tubuh Yang Akan Sakit
Sumber gambar: ciputramedicalcenter.com

Sebagai contoh pada organ hati. Hati mampu mengubah semua sel tua menjadi baru dalam proses yang super cepat. Anggaplah apabila organ hati bisa mengganti lebih dari 70 persen sel dalam waktu tak lebih dari 2 minggu. Cepat kan?

Lalu contoh lain ada pada paru-paru. Organ ini terbilang sangat penting bagi pernapasan manusia. Coba bayangkan saja, berapa persen kandungan jahat yang Anda hirup setiap hari saat beraktivitas.

Hal itu akan jelma yang buruk-buruk apabila paru-paru tak bisa menyembuhkan dirinya sendiri.

Sementara itu, berdasarkan para ahli, paru-paru punya rambut-rambut halus yang disebut dengan silia. Tentu saja, silia sendiri berfungsi sebagai pembersih partikel yang menempel, contohnya dahak yang berlendir.

Organ-Organ Dalam Tubuh
Sumber gambar: techno.okezone.com

Lalu, pada organ usus yang serius menangani proses lajunya makanan yang kita makan setiap hari.

Dapat dibayangkan memang bahwa kerja usus menanggung beban cukup berat, sebab mau tak mau mengantarkan makanan ke ‘tempat’ yang semestinya. Itu terjadi setiap harinya.

Namun, usus punya kemampuan hebat yang lain dikarenakan satu sistem bernama epithelium. Sistem itu berfungsi sebagai saringan filter.

Jadi, ketika makanan masuk menuju di tubuh, tentu ephitelium akan menyaring racun dan mengeluarkannya,  sebab tak dipakai lagi oleh tubuh.

Tak berhenti begitu saja, organ-organ lain layaknya jantung, lambung, tulang, hingga kulit juga dapat menyembuhkan dirinya sendiri.

Mekipun semua organ itu punya kemampuan ajaib, alangkah baiknya kita harus menyokong proses penyembuhan itu dengan yang bijaksana.

Caranya kita bisa menyupportnya dengan konsumsi makanan sehat, rutin menggerakkan fisik atau olahraga, dan istirahat yang cukup dan teratur.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Satu Set Perlengkapan Mandi Efisien, Cocok Untuk Anak Kost Nomaden!

Satu Set Perlengkapan Mandi Efisien, Cocok Untuk Anak Kost Nomaden!

Tips Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Tips Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami