Cara Jitu Agar Tampak Lebih Cerdas
Sumber gambar: theqoo.net
in

Cara Jitu Agar Tampak Lebih Cerdas

UGETUGETUntuk menjadi lebih cerdas sebenarnya mudah. Asalkan, kita memang mempunyai niatan yang sangat kuat untuk mengubah kualitas diri sendiri. Inilah beberapa cara jitu agar tampak lebih cerdas.

1. Jangan Sering Memakai Kata Ambigu

sering menggunakan kata ambigu
Sumber gambar: brilio.net

Apabila kita sering memakai kata ambigu. Misalnya, sepertinya, katanya, mungkin, atau barangkali. Ini bisa jadi bumerang bagi diri sendiri. Sebab, kata-kata itu mengandung kadar kepastian yang diragukan. Khususnya, ketika sedang berhadapan dengan lawan bicara.

2. Hindari Bahasa Yang Susah Dimengerti

Walaupun ilmu pengetahuan dan wawasan kita menukik sampai ke ujung cakrawala, apabila orang lain susah memahami bahasa yang kita pakai, ya, sama saja kita tidak tampak cerdas. Bahkan, parahnya mereka akan diam seribu bahasa terhadap kita.

3. Gunakan Bahasa Tubuh Yang Enak Dilihat

Ketika kita mengajak orang lain untuk bicara, alangkah lebih baiknya memakai gestur atau bahasa tubuh yang enak dipandang. Dengan begitu, mereka akan menjadi lebih nyaman pada kita. Sehingga, dari pandangan mereka, kita akan terasa berkesan.

4. Lakukan Kontak Mata

Berkontak mata di sini, bukan juga senantiasa menatap matanya. Tetapi, sesekali menatap dan sesekali tidak. Apalagi, kalau sedang grogi ketika berbicara pada seseorang.

Ini sangat penting ketika melakukan interaksi pada orang lain. Anggap saja belajar menghadapi ketakutan ketika mau lamaran. Eh, keceplosan.

5. Usahakan Selalu Tersenyum

Usahakan untuk selalu tersenyum agar kita tampak lebih cerdas. Bukannya justru mengkerutkan dahi. Dikarenakan, mengkerutkan dahi bisa dianggap orang yang bodoh.

6. Pakai Parfum atau Wewangian

Nah, ini juga faktor penting untuk dianggap lebih cerdas. Dengan memakai wewangian atau parfum dan sejenisnya itu, diharapkan ketika orang lain bertemu dengan kita dapat merasa nyaman.

Bukan justru ingin segera menjauh. Sebab, tercium aroma tidak sedap selama kita lagi bicara.

7. Jadilah Pendengar Yang Baik

https://www.tipspengembangandiri.com/
Sumber gambar: tipspengembangandiri.com

Bicaralah secukupnya saja. Tidak usah berbicara yang tidak perlu. Dikarenakan, bisa-bisa lawan bicara nanti mengalami kebosanan. Berbicaralah yang pas secara proporsi dan tepat waktunya.

Ada pepatah dari Filsuf Yunani mengatakan, bahwasanya, Tuhan menciptakan dua telinga dan satu lidah untukku agar aku banyak mendengar daripada berbicara.

Barangkali ini merupakan tamparan bagi kita, jika diri ini sebaiknya lebih baik jadi pendengar yang baik. Dengan begitu, kualitas diri kita akan tampak dari bagaimana cara berbicara.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Merasa Curhat Tentang Cimta Tidak Ada Gunanya

Merasa Curhat Tentang Cinta Tidak Ada Gunanya?

Bagaimana Sih Cara Bijak Menyikapi Idola Kita

Bagaimana Sih Cara Bijak Menyikapi Idola Kita?