5 Cara Agar Berhenti Berpikir Berlebihan
Sumber gambar: www.careeraddict.com
in

5 Cara Agar Berhenti Berpikir Berlebihan

UGET-UGET | Ketika kita berpikir berlebihan, kita dapat menjadi stres. Tubuh kita juga akan mulai melepaskan hormon-hormon penyebab stres seperti cortisol dan epinephrine. Karena banyaknya hormon penyebab stres tersebut, kita menjadi sulit untuk berpikir jernih.

Untuk menghindarinya, di bawah ini ada lima cara yang dapat membantu kita untuk berhenti berlebihan.

Sadar diri

Kita harus bisa sadar diri, yaitu menyadari apa yang sedang terjadi pada diri kita. Hal ini termasuk sadar ketika kita cemas atau stres. Jadi, sebelum kita terlanjur berpikir terlalu banyak, kita sudah dapat menghentikannya dan mampu berusaha mencari solusi untuk menanggapi dan menghentikan kecemasan tersebut.

5 Cara Agar Berhenti Berpikir Berlebihan
Sumber gambar: www.careeraddict.com

Jangan menekan pikiran kita

Langkah kedua ini mungkin akan susah dilakukan, karena entah secara sadar atau tidak kita sering melakukannya. Ketika kita sedang menghadapi sesuatu, terkadang secara otomatis kita memaksa diri kita untuk berpikir berat. Hal ini pada akhirnya justru membuat kita tertekan. Sebisa mungkin hal ini harus dihindari atau paling tidak diminimalkan agar pikiran kita tidak kalut.

Tuliskan apa yang ada di pikiran kita

Kita tidak bisa memaksa otak kita untuk terus menampung hal-hal campur aduk yang ada di pikiran kita. Ada baiknya untuk menuliskan apa yang kita pikirkan. Hal ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang terpenting adalah kita mengeluarkan apa yang ada di pikiran kita dalam selembar kertas atau mungkin juga melalui tulisan di ponsel atau laptop kita.

Belajar untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran kita juga dapat membuat masalah-masalah yang sedang kita hadapi terpetakan dengan baik. Jadi kita juga dapat dengan mudah mencari solusinya.

Hal ini tentu berbeda jika kita hanya memikirkannya di dalam otak saja yang pada akhirnya nanti akan tercampur dengan masalah-masalah lain. Masalah yang campur aduk itulah yang pada akhirnya membuat kita berpikir berlebihan namun tanpa kejelasan.

Jangan berharap untuk sempurna

Kita sudah sering mendengar bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Berjuang sekuat tenaga hanya untuk diterima oleh orang lain tidak akan selamanya berhasil. Hal itu justru dapat membuat kita banyak beban dan pikiran.

Kualitas diri kita bisa jadi akan menurun hanya karena mengejar kesempurnaan itu dan menjadi seperti yang orang lain tuntutkan. Percayalah, hal itu belum tentu akan berujung baik dan membuat kita bahagia.

Mencari dukungan dari orang-orang terkasih

Mencari dukungan dari orang-orang yang kita cintai dapat mengurangi kecemasan yang kita rasakan. Hal ini bukan berarti kita harus curhat dan mengumbar semua masalah kita. Cukup dengan meminta dukungan dari mereka agar kita kuat dalam menghadapi segala sesuatu. Dengan dukungan tersebut, kecemasan kita dapat berkurang dan kita pun tidak akan berpikir berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kids Zaman Now Juga Harus Kenal Lagu-lagu Bryan Adams

Kids Zaman Now juga Harus Kenal Lagu-lagu Bryan Adams

10 Daftar Nama Bayi Laki-Laki Jepang Beserta Artinya yang Bisa Menjadi Inspirasi Bunda

10 Daftar Nama Bayi Laki-Laki Jepang Beserta Artinya yang Bisa Menjadi Inspirasi Bunda