Cara Belajar Mudah Dan Cepat Untuk Generasi Zaman Sekarang
Sumber gambar: forbento.wordpress.com
in

Cara Belajar Mudah Dan Cepat Untuk Generasi Zaman Sekarang

UGET UGET – Pendidikan memegang peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan. Baik dalam konteks bangsa dan negara maupun individu. Melalui pendidikan, generasi muda akan menemukan cara belajar yang sesuai dengan konteks zamannya.

Dalam metode pembelajaran, salah satu cara belajar paling cepat dan mudah adalah imitasi atau meniru. Ini merupakan metode balajar yang paling sering direkomendasikan dalam dunia pendidikan.

Tapi yang perlu diingat dan digarisbawahi adalah yang diimitasi bukan hanya sekadar produknya saja, tapi semangat dan ketangguhan generasi terdahulu. Sebab, konteks kondisi, baik politik, ekonomi, dan teknologi generasi sebelum kita tentu saja berbeda dengan zaman yang kita hadapi saat ini.

Semangat yang sering naik turun harus dipompa terus-menerus. Jika diibaratkan dengan medan pertempuran, maka sebelum memulai pembelajaran, kita harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Jika kita menggunakan cara belajar dengan metode imitasi, yang harus ditanyakan adalah siapa atau apa yang kita imitasi? Logikanya sederhana. Jika kita ingin mengimitasi, pasti kita akan meniru yang paling bagus kan?

Untuk mencari tahu orang atau karya yang layak ditiru, generasi masa kini tidak akan merasa kesulitan. Karena kita hidup di era keberlimpahan informasi. Sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang akses terhadap informasi sangat terbatas.

Tapi, jika kita tidak benar dalam menentukan siapa atau apa yang akan kita tiru, atau salah dalam menentukan role model, maka sudah pasti kualitas kita juga tidak akan maksimal.

Bila kita sudah menemukan patron yang tepat. Maka proses selanjutnya adakan konsistensi. Percayalah, saat kita ingin belajar sesuatu dengan serius, pasti akan selalu ada saja halangannya.

Untuk bisa fokus dengan proses belajar, kita bisa menyiasatinya dengan cara membuat suasana belajar menjadi nyaman. Seperti memutar musik yang lembut, membersihkan dan menata ruang belajar. Serta mengatur pencahayaan yang pas.

Percaya atau tidak, tapi kenyamanan ruang yang digunakan untuk belajar juga sangat mempengaruhi diri kita dalam menyerap informasi.

Cara belajar imitatif memang yang paling mudah dan cepat, tapi jangan pernah menganggapnya sebagai hal yang sepele.

Sumber gambar: forbento.wordpress.com

Punkaz D. Singaraska

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Drama Korea Descendants of The Sun Cinta dan Perang

Drama Korea Descendants of The Sun: Cinta dan Perang

Wisata di Yogyakarta: Puncak Songgo Langit Yang Menakjubkan

Wisata di Yogyakarta: Puncak Songgo Langit Yang Menakjubkan