Cara Belajar Ini Perlu Kamu Tiru, Banyak Manfaatnya
Sumber gambar: media.ihram.asia
in

Cara Belajar Ini Perlu Kamu Tiru, Banyak Manfaatnya

UGET UGET – Belajar bisa dimana saja. Apalagi di zaman digital seperti saat ini. Sayangnya masih banyak orang menggunakan cara belajar yang konvensional dan kurang visioner. Kalau saya menyebutnya kurang futuristik.

Padahal berbeda dengan dua dekade yang lalu, dimana perangkat teknologi seperti komputer dan internet masih susah diakses. Kini, seluruh informasi tersedia di dunia baru yang disebut dengan internet. Sehingga banyak orang bisa belajar apa saja melalui ruang ini.

Bukan tanpa sebab, karena di zaman yang serba cepat ini maka yang dicari adalah orang yang mempunyai banyak kemampuan atau keahlian. Jadi, satu orang harus bisa menguasai beberapa hal sekaligus.

Untuk itu, ada cara belajar yang cocok untuk diterapkan di masa sekarang. Dan pastinya metode dan strategi ini sudah saya praktikkan sendiri.

Pertama adalah tetap sekolah di sekolah formal, seperti SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Di bangku perkuliahan, biasanya kita akan fokus pada satu program studi. Pergunakanlah kesempatan ini untuk membuka relasi dan menjalin jaringan.

Kedua, untuk mempelajari materi perkuliahan, ada cara belajar yang mudah dan cepat, yaitu belajar sendiri. Caranya dengan mencari syllabus perkuliahan dari semester pertama hingga terakhir.

Tinggal ikuti saja materi yang ada di syllabus tersebut. Untuk bahan bisa mencari di perpustakaan ataupun internet. Percayalah, jika melakukan hal ini secara konsisten, pasti materi kuliah akan menjadi mudah. Sehingga waktu yang ada bisa digunakan untuk membangun relasi dan jaringan.

Untuk menambah kemampuan dan keahlian kita, ada cara ketiga. Caranya hampir mirip dengan cara kedua, yaitu melihat syllabus perkuliahan program studi yang akan kita pelajari.

Untuk mencari syllabus dan kurikulum program studi tertentu sangat mudah. Karena hampir setiap perguruan tinggi pasti mengunggahnya. Tinggal bagaimana kita, apakah mau kreatif untuk terus belajar ataukah hanya menunggu materi pelajaran yang akan diberikan oleh guru ataupun dosen?

Dengan semangat dan ketekunan, serta cara belajar ini pasti ilmu-ilmu yang diinginkan bisa dikuasai. Selain itu, relasi dan jaringan pun juga akan terbentuk.

Sumber gambar: media.ihram.asia

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Makin Dewasa, Kamu Makin Selektif Berteman Terutama dengan Si Drama

Makin Dewasa, Kamu Makin Selektif Berteman Terutama dengan Si Drama

Semakin Dewasa, Kamu Lebih Memilih Punya Sedikit Teman

Semakin Dewasa, Kamu Lebih Memilih Punya Sedikit Teman