Cara Alihkan Balita Dari Gadget, Layak Dicoba Nih...
Sumber gambar: mnn.com
in

Cara Alihkan Balita Dari Gadget, Layak Dicoba Nih…

UGETUGET | Gadget menyerang semua kalangan, dari tua hingga balita. Salah satu faktor ketertarikan anak terhadap gadget tak lain dari orang tuanya sendiri. Terkadang beberapa orang tua lebih suka melihat anaknya diam menghadap gadget ketimbang bergerak kesana-kemari.

Kondisi ini harus disadari bahwa kondisi ini merupakan kondisi buruk. Buruk bagi perkembangan mental dan fisik anak. Orang tua harusnya mempunyai batasan sendiri.

Ketika anak-anak kecanduan gadget dari balita akan menggangu proses bersosialisasi anak, mudah marah, dan menjadi introvert. Anak harusnya dari kecil sudah terbiasa bermain dengan teman-temannya.

Berikut beberapa usaha untuk mengalihkan balita dari gadget. Hal ini penting bagi orang tua yang baru saja menyandang panggilan “bapak” dan “ibu”.

bermain puzzle mengalihkan gadget
Sumber gambar: huffingtonpost.co.uk

Permainan Edukatif

Sebagai orang tua dituntut untuk kreatif, sebab anak mempunyai sifat mudah bosan. Maka orang tua harus mempunyai banyak opsi untuk menanggulangi kebosanan.

Nah hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah proses edukatif di setiap permainan. Dalam hal ini orang tua bisa memberikan permainan edukatif seperti bermain susun balok, puzzle, pasir berwarna dam lain sebagainya.

Siapkan Lembar Aktivitas

Kecanggihan teknologi bisa kita gunakan untuk memberi alternatif untuk permainan asik bagi anak. Misal di mesin pencari Google, orang tua bisa menemukan beragam aktivitas untuk anak. Ketik “toddler worksheet”, kemudian pilih sesuai usia anak dan kebutuhan anak, maka nanti akan muncul beragam pilihan lembar aktivitas.

Nah setelahnya bisa dicetak dan dimasukkan ke dalam map. Kemudian berikan kepada anak 2 map untuk setiap hari.

Sewaktu anak mengisi lembar aktivitas, temani anak agar dia tidak merasa sendirian dan teringat sama gadget. Setelah selesai, bahas bersama anak dan kasih penilian agar lebih bersemangat.

Ajak Bermain di Luar

Kebiasaan anak terkadang berangkat dari kebiasaan orang tua. Maka jangan sering bermain gadget di depan anak. Ajarkan sesuai kebutuhan saja.

Ajak anak bermain bersama di lapangan, hal ini tentu membiasakan aktivitas fisik anak. Bisa dengan bermain sepak bola, petak umpet dan permainan lainnya. Jika merasa bosan ajak bertemu dan bermain dengan temannya.

Persoalan gadget harus diperhatikan oleh orang tua. Terlebih banyak orang tua yang merasa nyaman ketika anak bermain gadget.

Namun kecanduan gadget mempunyai banyak dampak bagi perkembangan anak. Dampak fisik dan mental dapat menyerang bagi anak yang sudah kecanduan gadget.

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Prasyarat Menjadi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0, Apa Saja Sih?

Prasyarat Menjadi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0, Apa Saja Sih?

Mulai dari Males sampai Nggak Ada Waktu, Inilah Tantangan Terberat Ketika Memulai Merawat Kecantikan Kulit

Mulai Dari Males Sampai Nggak Ada Waktu, Inilah Tantangan Terberat Ketika Memulai Merawat Kecantikan Kulit