Capcay Bu Ratmi- Perpaduan Aneka Ragam Sayuran yang Sempurna uget uget

Capcay Bu Ratmi: Perpaduan Aneka Ragam Sayuran yang Sempurna

UGET UGET – Capcay merupakan salah satu makanan yang mudah ditemui di Indonesia. Perpaduan sayuran yang beraneka ragam dapat membangkitkan selera makan kita. Apalagi bagi para vegetarian.
Capcay (atau biasa ditulis cap cai) adalah hidangan khas Tionghoa yang dimasak dari berbagai macam sayuran.

Secara harfiah, dalam dialek Hokkian, cap cai berarti sepuluh sayur (cap: sepuluh; cai: sayur). Namun, itu tidak berarti bahwa capcay harus dibuat dari sepuluh macam sayuran ya.

Di Indonesia, banyak orang yang memasak capcay dengan campuran irisan tepung. Jadi, tidak hanya murni sayuran saja.

Bahkan, saya sering menemui capcay yang didominasi dengan irisan tepung. Sayurannya mungkin hanya beberapa iris wortel dan daun seledri saja.

Nah, soal capcay tanpa tepung, saya pernah iseng mencoba memesannya. Lagi pula, menurut saya, capcay tanpa tepung itu lebih enak dan pas porsinya untuk saya.

Ketika itu saya memesan satu porsi capcay di tempat Bu Ratmi, tepatnya di Kompleks Karangmalang, Blok D7 A, saya sengaja meminta Bu Ratmi untuk tidak mencampurkan irisan tepung di capcay saya.

Alhasil, yang saya dapatkan hanyalah sayuran-sayuran segar yang dimasak dengan campuran bakso dan daging ayam. Rasanya seperti apa? Tentu seperti capcay biasanya. Hanya saja tanpa tepung.

Bagi kalian yang suka sekali dengan sayuran, ingin diet atau membiasakan hidup sehat dengan makanan yang mengandung banyak vitamin, capcay tanpa tepung di tempat Bu Ratmi ini recomended banget pokoknya.

Tapi, bagi yang suka tepung, dan ingin lebih kenyang, pakai tepung juga tetap enak kok. Semuanya ‘kan tergantung selera dan kebutuhan. Iya, nggak?

Selain itu, kalian bisa memilih capcay goreng atau capcay rebus di sini. Capcay goreng sebenarnya tetap berkuah, hanya saja kuahnya sedikit, kalau capcay rebus kuahnya banyak. Hampir mirip sup tapi kuahnya kental.

Nah, yang nggak kalah enaknya, topping acar di tempat Bu Ratmi ini mantep banget. Tapi bagi yang tidak suka acar, boleh juga tidak memakainya (kalau saya sih suka banget sama acarnya). Satu lagi, kriuk-kriuk krupuknya jangan sampai ketinggalan ya.

Soal kreasi rasa, mau pedas, mau sedang, mau tidak pedas sama sekali, kalian bebas request ke Bu Ratmi. Mau pakai kecap atau tidak, itu juga terserah kalian. Tinggal bilang saja kepada Bu Ratmi ketika memasak capcay yang kalian pesan.

Betewe, yang ingin mencoba menu lain tetap bisa mampir ke sini lho, karena nggak cuma ada capcay saja. Masih ada menu lain seperti kwetiau goreng/rebus, mie goreng/rebus, dan juga sup ayam. Selamat mencoba.

Sumber gambar: regularshow.wikia.com

2

No Responses

Show all responses