Candi Plaosan, Perlambang Cinta Rakai Pikatan
Sumber gambar: www.idsejarah.net
in

Candi Plaosan, Perlambang Cinta Rakai Pikatan

UGET UGET – Jika Anda termasuk sebagai salah seorang wisatawan yang gemar berwisata sejarah. Tentu, Anda tidak akan melewatkan salah satu destinasi wisata satu ini. Sebuah candi yang menawarkan pesona unik di antara sejumlah tempat wisata candi yang berada di Jogja. Sebuah candi Hindu yang berdiri di salah satu komplek candi tercantik di dunia, Prambanan. Ya, itulah Candi Plaosan.

Candi Plaosan ini merupakan sebuah wujud perlambang cinta Rakai Pikatan yang membangunnya untuk permaisurinya bernama Pramudyawardani. Berada di Dusun Bugisan, Kecamatan Prambanan, dengan corak arsitektural khas Hindu-Budha ini juga dikenal sebagai Candi Kembar. Hal tersebut dikarenakan Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor memiliki letak yang saling berdekatan, hanya berjarak sekitar 100 meter.

Candi Plaosan, Perlambang Cinta Rakai Pikatan
Sumber gambar: www.idsejarah.net

Menurut keyakinan masyarakat lokal, Candi Plaosan ini memiliki kekuatan cinta kasih antara Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani. Oleh karenanya, diyakini akan mendatangkan berkah bagi pasangan pria dan wanita. Itulah sebab objek wisata candi ini cukup populer bagi pasangan suami istri yang ingin dikaruniai kelahiran seorang anak.

Pada bangunan Candi Plaosan terdapat halaman tengah yang dikelilingi dinding dengan pintu masuk yang berada di sebelah barat. Tepat pada bagian tengah halaman tersebut berdiri sebuah pendopo berukuran 21,62 m x 19 m. yang mana pada bagian timur pendopo terdapat 3 buah altar, yaitu altar utara, timur dan selatan. Ketiga altar tersebut memiliki detil masing-masing, dimana terdapat gambaran Amitbha, Ratnasambhava, Vairochana, dan Aksobya terdapat di altar timur. Stupa Samantabadhara dan figur Ksitigarbha ada di altar utara, dan gambaran Manjusri terdapat di altar barat.

Selain itu, komplek Candi Plaosan terdapat 116 stupa perwara dan 50 candi perwara. Stupa perwara tersebut dapat dilihat di semua sisi candi utama, demikian pula candi perwara yang ukurannya lebih kecil. Bila berjalan ke bagian utara, anda juga dapat melihat bangunan terbuka yang disebut Mandapa. Dua buah prasati, yaitu prasasti yang di atas keping emas di sebelah utara candi utama dan prasasti yang ditulis di atas batu di Candi Perwara baris pertama tak luput Anda temukan di lokasi candi tersebut.

Ya, inilah candi yang menawarkan eksotisme yang tak biasa. Tentu, Anda tidak akan melewatkan waktu berlibur untuk sekadar mampir di Candi Plaosan. Menikmati sebuah warisan kebudayaan yang luhur ini patut menjadi daftar kunjungan Anda selanjutnya. Selain itu, jika Anda ingin sekadar beristirahat sejenak berbagai penginapan terdekat dapat membantu Anda dalam melepas lelah. Hotel Prambanan Indah, Hotel Galuh Prambanan, dan Poeri Devata Resort, sangat cocok dalam melengkapi liburan Anda selepas berkunjung ke Candi Plaosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengenang Dragon Ball Z dan Masa Kecil yang Bahagia

Mengenang Dragon Ball Z dan Masa Kecil yang Bahagia

Perdebatan Bisa Jadi Tanda Hubungan Kalian Bakal Langgeng

Perdebatan Bisa Jadi Tanda Hubungan Kalian Bakal Langgeng