Calon Pemimpin yang Berintegritas Siapkan Estafet Kepemimpinan, uget uget

Calon Pemimpin yang Berintegritas Siapkan Estafet Kepemimpinan

UGETUGET – Dalam rangka mencetak calon pemimpin yang berintegritas, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM menggandeng PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk untuk mengisi seminar bertajuk “Ways of Leadership & Life, in 50 Years of Doing Bussiness” dengan pembicara founder PT JSI, Jan Darmadi.

Ia menceritakan sedikit banyak prinsip, petuah, dan lingkungan yang membendung watak dan karakternya, hingga ia mampu bertahan dan berkembang di tengah derasnya tempaan persaingan bisnis. Acara ini terselenggara di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo Magister Manajemen (MM) UGM, Jumat (20/10).

Calon Pemimpin yang Berintegritas Siapkan Estafet Kepemimpinan uget uget

Calon Pemimpin yang Berintegritas Siapkan Estafet Kepemimpinan uget-uget

Pebisnis properti senior ini menekankan pentingnya fungsi pendidikan. Menurutnya pendidikan mengambil peran besar dalam menciptakan calon-calon pemimpin. “Pendidikan mendidik kita untuk berpikir sistematis dan disiplin, yang akan memperkaya intelektual kita,” ujar Jan. Ia juga menekankan empat hal yang harus diketahui untuk menjadi seorang pemimpin; halal, haram, peduli, dan bertanggung jawab.

Ia mengaplikasikan empat hal tersebut dalam 50 tahun kepemimpinannya. Kata dia, seorang pemimpin tidak boleh menyalahkan anak buahnya. “Gubernur Ali Sadikin menginspirasi saya melalui petuahnya kala itu, 1 perintah adalah 1 tanggung jawab, ketika saya memerintah anak buah, maka saya peduli dan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi.” Tak hanya Ali Sadikin, menurutnya, kaum wanitalah yang berpengaruh besar dalam membentuk keturunannya.

Jan menegaskan, situasi politik dan ekonomi akan selalu berubah. Maka, lanjut dia, penting bagi generasi muda untuk bersikap fleksibel menghadapi dinamika dan turbulensi politik dan ekonomi ke depannya. Seperti dikatakan Sri Adiningsih, Guru Besar UGM sekaligus yang saat ini menjabat Dewan Pertimbangan Presiden, perubahan akan terus terjadi dan kita juga harus memahami.

Menuruntnya, meskipun mood ekonomi Indonesia dan dunia sedang positif berdasarkan upgrade IMF, optimisme dunia bisnis meningkat, perkembangan ekonomi Indonesia sudah on trap (stabil), bisnis sebaik apapun tetap dipengaruhi eksternal. “Kondisi riil Disruption Inovation di mana robot sudah tidak hanya menggeser blue collar job, tetapi juga diprediksi dapat menggeser white collar job, seperti farmasi, pekerja kantoran,” paparnya.

Lanjut dia, menurut The World Economic Forum, dunia di tahun 2026 akan mencapai kondisi kecerdasan buatan (artifisial intelegent) berupa board directional meeting. “Akan ada 7 technological tipping point yang bisa saja menggantikan kerja manusia,” ujarnya. Namun, ia menilai, Indonesia saat ini telah memasuki masa cerah berkat kepemimpinan-kepemimpinan di Indonesia hingga saat ini.

“Saat ini upaya pembangunan manusia terus digalakkan, infrakstruktur semakin merata, kelambagaan melompat 15 tingkat, dan daya saing Internasional naik 5 peringkat, sehingga kita harus percaya diri.”

Kembali lagi menurut Jan, roda pertumbuhan perusahaan domestik terus berjalan seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat. “Indikator-indikator itu sudah banyak, namun seringkali kita mengabaikan peluang itu. “Kita harus berpikir lebih dalam dari yang di lihat mata, who is the man behind the gun, cari solusi dari masalah, bukan mempertanyakan kesalahan orang,” tegasnya.

Pun, Jan menegaskan pada 450-an mahasiswa yang datang pada seminar itu untuk menjadi pemimpin yang bermartabat “Pemimpin boleh mengambil keuntungan sebesar-besarnya, tapi jangan merugikan rakyat, jangan menjilat kekuasaan dan uang. Milikilah harga diri, bukan gengsi.”

Sejalan dengan itu, Dr Paripurna, Rektor Bidang Kerja Sama & Alumni UGM, mempercayakan estafet kepemimpinan pada generasi muda penerus bangsa. “Jadilah dirimu sendiri, perkuat nilai intrinsik. Saya yakin, kalian akan menjadi calon pemimpin bisnis, organisasi, pemerintah pada masa yang akan datang,” tutupnya

Sumber gambar: www.finansialku.com

1

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu