Sumber gambar: indrapuisi.blogspot.com
in

Bunga Bangkai, Bunga yang Jarang Kena Sinar Matahari

UGETUGET | Bunga bangkai dapat ditemui di hutan-hutan hujan yang lebat di daerah ekuator seperti Sumatera. Bunga yang punya nama lain Amorphophallus Titanium ini hanya dapat tumbuh di tempat-tempat yang jarang terkena matahari.

Nah, keistimewaan bunga bangkai adalah tumbuhan ini bisa tumbuh tinggi mencapai 2 meter atau lebih. Malah ada yang menyebutkan pada saat mekar, tinggi bunga ini ada yang mencapai 3,3 meter. Tidak heran kalau ada yang menjulukinya si bunga raksasa.

Selain ukurannya yang besar keunikan bunga ini adalah baunya. Sesuai dengan namanya, saat mekar bunga ini mengeluarkan bau busuk. Bau ini bisa tercium hingga jarak jauh. Bau inilah yang mengundang sejumlah serangga untuk datang dan membantu melakukan pembuahan.

Akan tetapi, meskipun bunga ini berbau busuk, ia memiliki warna dan bentuk yang indah. Seludang atau kelopak bunganya berwarna merah. Bagian tengahnya juga berwarna krem yang menjulang tinggi.

bunga bangkai mekar
Sumber gambar: m.suarasurabaya.net

Malangnya, kita tidak bisa melihat bunga bangkai setiap saat. Sebab, bunga ini hanya berkembang sekali dalam tiga tahun. Maka dari itu, ketika bunga ini mekar, banyak orang yang ingin menyaksikannya.

Untuk  melestarikan bunga ini, sejumlah kebun raya mencoba menanam bunga ini. Bibitnya dibawa langsung dari Sumatera. Ini pun sangat sulit, karena bibit bunga bangkai yang berupa umbi bisa lekas busuk.

Nah, kebun raya yang memiliki koleksi bunga bangkai ini di antaranya adalah Kebun Raya Bogor di Bogor dan Kebun Raya Cibodas di Kabupaten Cianjur. Kedua-duanya berada di Jawa Barat.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mari Kita Petakan Minat Baca Kita, Mulai Dari Aksara

Hubungan Kebahagiaan Diantara Uang Dan Cinta

Hubungan Kebahagiaan Diantara Uang Dan Cinta