Buka Usaha Lilin Hias: Ciptakan Peluang Bisnis Baru
Sumber gambar: aldyliemena.blogspot.co.id
in

Buka Usaha Lilin Hias: Ciptakan Peluang Bisnis Baru

UGET UGET – Menjadi seorang entrepreneur di jaman sekarang ini tampaknya sudah menjadi pilihan hidup nomor satu. Seperti buka usaha bisnis lilin hias yang belum lama ini menarik perhatian masyarakat Kaliapak untuk belajar membuat lilin.

Saya dan beberapa teman saya akan berbagi pengalaman bagaimana antusiasme warga Kaliapak terkait pelatihan pembuatan lilin. Jadi, pembahasan kali ini lebih menekankan peluang buka usaha lilin hias dilihat dari antusiasme warga.

Ketika saya membagikan info tentang pelatihan bisnis lilin, ternyata direspon positif oleh salah satu warga yang kemudian info tersebut langsung menyebar ke seluruh Pedukuhan Kaliapak. Setiap ibu-ibu yang saya ajak bicara atau temui selalu menanyakan kapan bisa pelatihan pembuatan lilin. Itu tandanya mereka sudah tertarik dengan kegiatan itu.

Menariknya, tidak hanya warga di Pedukuhan Kaliapak saja yang tertarik dengan kegiatan itu. Beberapa warga dari pedukuhan lain juga ada yang tertarik, baik ibu-ibu maupun anak-anak, sehingga mereka ikut datang ketika pelatihan pembuatan lilin.

Lilin yang dibuat waktu itu adalah lilin hias. Ukurannya kecil dan sederhana. Bahan dan alatnya mudah didapat dan sederhana. Tinggal siapkan saja parafin atau lilin bekas yang bisa dibeli di toko kimia atau toko bangunan.

Kemudian, siapkan gelas kaca atau wadah agar-agar dari plastik yang ukurannya tergantung selera, sumbu lilin, 2 buah panci ukuran besar dan kecil atau 1 wajan dan 1 mangkuk kaca, air, zat pewangi, zat pewarna, dan pengaduk.

Setelah tahu apa saja alat dan bahanya, barulah masuk ke tahap cara pembuatannya yang cukup mudah, tapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tahap pertama adalah iris-iris parafin menjadi ukuran kecil-kecil supaya semakin mencair ketika dipanaskan. Kedua, isi panci/wajan besar dengan air dan pastikan wajan besar tersebut dapat menampung panci/mangkuk kaca yang lebih kecil untuk melelehkan parafin. Dengan kata lain, cara melelehkan parafin ini dibuat dengan cara ditim.

Ketiga, cairkan parafin dengan cara ditim hingga mencair. Aduk-aduklah supaya lebih cepat mencair. Keempat, tambahkan wewangian seperti minyak aroma terapy atau minyak esensial yang bisa dibeli di toko kimia.

Kelima, tambahkan zat pewarna yang berbahan dasar minyak. Jangan gunakan zat pewarna makanan karena zat tersebut terbuat dari air dan tidak cocok untuk liin.

Keenam, siapkan cetakan lilin seperti gelas agar-agar plastik yang sudah diberi sumbu. Pastikan sumbu itu bisa ditaruh ditengah balutan lilin. Kemudian, tuangkan parafin yang sudah mencair ke dalam cetakan.

Terakhir, diamkan lilin hingga dingin dan mengeras. Setelah dingin dan mengeras, bukalah wadah lilin jika memakai wadah agar-agar plastik.

Bagaimana? Cara pembuatannya cukup sederhana kan? Pembuatannya yang mudah dengan paralatan dan bahan yang sederhana pula memungkinkan bagi masyarakat Kaliapak untuk membuka peluang bisnis baru.

So, tunggu apalagi.

Sumber gambar: aldyliemena.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Beberapa Hal yang Bikin Kamu Sulit Melupakan Mantan Stop Lakukan Ini! uget uget

Beberapa Hal yang Bikin Kamu Sulit Melupakan Mantan: Stop Lakukan Ini!

Cerita Misteri Horor Seram dan Serial American Horror Story uget uget

Cerita Misteri Horor Seram dan Serial American Horror Story