Hey Entrepeneur Muda, Brand Awareness itu Penting Lho
Sumber gambar: www.pinterest.co.uk
in

Hey Entrepeneur Muda, Brand Awareness itu Penting Lho

UGETUGET – Anda memiliki bisnis tapi lambat berkembang? Atau malah sedang berupa angan-angan atau konsep yang sedang diusahakan untuk terwujud? Ingin belajar atau diskusi bingung dengan siapa? Sudah punya produk tapi tidak tahu bagaimana pemasarannya? Tenang, adalah keuntungan generasi kita yane memiliki Google, sumber ilmu dan pengalaman yang tidak ada batasnya. Dan dalam tulisan ini, saya ingin sedikit membabar mengenai Brand Awareness.

“Apa sih Brand Awareness itu?” Barangkali yang pertama terngiang di benak Anda adalah pertanyaan ini. Lalu Anda akan mempertanyakan juga hubungan antara Brand Awareness dengan perkembangan bisnis. Saya beri ilustrasi saja sebagai pengganti penjelasnya.

Pernahkah Anda menyebutkan merek odol dan bukan nama barangnya? Atau Anda pernah mendengar ada orang desa yang menyebutkan Honda, bukan sepeda motor? Atau teman Anda meminta Anda untuk membelikan Indomie, bukannya mie instan?

Bila Anda pemilik nama brand yang disebut, alih-alih jenis produk atau merek produk, Anda berhak untuk bersyukur. Ini artinya, masyarakat telah memiliki Brand Awareness kuat terhadap produk Anda. Nama merek produk tersebut telah begitu kuat nilainya sehingga dianggap sebagai nama jenis produk itu sendiri.

Namun ternyata, membangun Brand Awareness itu sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada banyak uang, waktu dan tenaga yang harus dibuang demi mendapatkan perhatian masyarakat. Maka sering kita melihat betapa layanan iklan proporsinya lebih banyak dari acara utama, terlebih jika yang ditayangkan adalah acara-acara berating tinggi.

Hey Entrepeneur Muda, Brand Awareness itu Penting Lho
Sumber gambar: www.pinterest.co.uk

Lalu bagaimana strategi untuk membangun Brand Awareness ini? Ternyata, yang harus dipegang saat membangun Brand Awareness adalah kesan tidak mengganggu (bersifat spam), sehingga mengakibatkan target audience menjadi kesal atau tidak nyaman. Sejak awal, kita harus menentukan waktu dan media yang tepat agar calon konsumen merasa tertarik untuk mengetahui lebih tentang produk kita.

Selanjutnya, ada beberapa trik yang harus dilakukan. Di antaranya adalah: rutin posting konten, infografis dan visual, YouTube, gratis uji coba atau sampling, tanda tangan pada email, dan yang terutama memaksimalkan pergerakan kita di media sosial. Yang sedari awal harus kita sadari adalah, bahwa apa yang kita usahakan tidaklah hanya nama dan produknya saja. Bagaimana bisa produk Anda sampai ke tangan yang tepat, jika tidak ada strategi marketing yang tepat untuk mengantarkan barang Anda ke konsumen yang benar-benar membutuhkan?

Di antara itu semua, tidak aka nada tampak keberhasilan jika kita hanya membaca untuk lalu berencana saja. Ada baiknya jika Anda segera merancang strategi iklan yang tepat, menyusun tim yang segera mendapatkan pembagian kerjanya, lalu maksimalkan kerja dan peran mereka. Terutama, jalankan!

Written by Agus A. Pribadi

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengatasi Ketiak Gatal dan Hitam Cukup dengan Menggunakan 4 Bahan Ini

Mengatasi Ketiak Gatal dan Hitam Cukup dengan Menggunakan 4 Bahan Ini

Pentingnya Mengerjakan Tugas Kuliah di Luar Rumah

Pentingnya Mengerjakan Tugas Kuliah di Luar Rumah