Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018: Keindahan Alam Dipadu Kekuataan Budaya dan Seni
Sumber gambar: TripTrus
in

Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018: Keindahan Alam Dipadu Kekuataan Budaya dan Seni

UGET-UGET | Banyak hal yang bisa kita bahas saat membicarakan Nusa Tenggara Barat. Gubernur Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Lc. MA yang beberapa saat lalu sempat viral contohnya. Atau juga bisa membicarakan keindahan alam yang tampaknya tak pernah bosan untuk dinikmati.

Provinsi yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara ini terdiri dari beberapa pulau yang menawan. Sebut saja Pulau Lombok dan Pulau Sumba yang paling banyak dikenal. Selain itu juga ada Pulau Gili Trawangan yang disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia.

Pada bulan Desember tahun lalu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menarget 4 juta wisatawan mancanegara untuk menjadikan daerah ini sebagai destinasinya. Dan demi mencapai target tersebut adalah melalui 15 event yang akan digelar sepanjang tahun 2018 ini. Salah satunya adalah melalui acara bertajuk Pesona Lombok-Sumbawa.

Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018

Digelar selama sebulan penuh, rencananya Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018 (BPLS 2018) akan dimulai pada 18 Agustus hingga 16 September mendatang. Sebulan bukanlah waktu yang sebentar. Oleh karena itu, pemerintah menyuguhkan serangkaian festival yang berlangsung di sejumlah tempat yang berada di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Pembukaan BPLS 2018 akan dimeriahkan dengan karnaval dengan melibatkan banyak kelompok etnis yang tinggal di Lombok dan Sumbawa. Pada perhelatan sebelumnya, parade ini diikuti oleh ribuan peserta dari 10 kabupaten dan kota se-NTB.

Setelah itu, akan digelar kesenian tradisional dan cerita rakyat (folklore). Keunikan acara ini tak akan Anda temui di daerah lain di Nusantara! Pengadaan acara ini dijadikan sebagai momentum pembelajaran bagi generasi muda sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya tradisional.

Keseluruhan acara dirangkum dalam satu wadah bernama WORD yang merupakan singkatan dari “World for Oral, Ritual and Dance”. Di dalam acara ini, Anda sebagai penonton akan disuguhi berbagai bentuk ekspresi kebudayaan dan seni tradisi yang ada di Lombok dan Sumbawa.

Selain pertunjukkan di atas, masih ada berbagai rangkaian acara menarik yang sayang untuk dilewatkan. Di antaranya adalah Pekan Seni-Budaya Mbojo, Samawa dan Sasak, Festival Kota Tua Ampenan, Festival Pesona Mandalika dan Festival Moyo. Jika Anda seorang penyuka produk tradisional berupa kerajinan tangan atau ingin mencoba kuliner tradisional khas wilayah ini, Anda bisa menemukannya di Expo Produk Unggulan dan Ekonomi Kreatif serta di Gelaran Kuliner.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Duka Suporter Bola, Duka Indonesia, Duka Manusia

Duka Suporter Bola, Duka Indonesia, Duka Manusia

Program Kerja KKN Ini Akan Kamu Temui Ketika KKN (Part 1)

Program Kerja KKN Ini Akan Kamu Temui Ketika KKN (Part 1)