Cara Bijak Menggunakan Media Sosial
Sumber gambar: infokampus.news
in

Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

UGET UGET – Ke mana Anda lebih sering berseluncur di dunia maya? Apakah dengan mengerjakan sesuatu yang mengasilkan profit, menambah pengetahuan dengan mengakses website yang berguna? Ataukah lebih banyak di media sosial?

Yap, di dalam buku yang diterbitkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Bijak Bersosmed, Tips dan Informasi Gerakan #BijakBersosmed, yang terbit 2017 lalu, beberapa fakta menarik disimpulkan dari pengumulan data selama satu tahun di tahun 2017. Kemenkominfo mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta jiwa, 95 persen di antaranya menggunakan internet untuk mengakses medsos.

Pengguna medsos terbanyak di tahun 2017, masih didominasi oleh pengguna Facebook yang mencapai 65 juta pengguna, setiap harinya 33 juta jiwa menggunakan Facebook secara aktif. Selebihnya didominasi oleh pengguna Instagram dan Twitter, sebelum Whatssapp mulai merangkak naik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh pengguna internet di Indonesia ditujukan untuk menggantikan peran pertemuan dan perbincangan secara langsung di dunia maya. Di samping itu, akses ke dunia yang lebih luas, yang tersembunyi di website-website besar, begitu pula dengan pengetahuan yang tak bertepi yang tidak didapatkan di media sosial masih sangat minim. Dalam arti, masyarakat kita menggunakan internet sebatas untuk menciptakan tempat-tempat sosial baru, bukan mengakses ilmu pengetahuan yang besar.

Tidak ada yang salah jika kita menggunakan sosial media. Namun, setidaknya kita bisa mengakses hal-hal penting di luar itu. Sebab internet bukan hanya media sosial. Masih banyak yang tak terjangkau oleh media sosial.

Pertanyaannya, bisakah kita mengubah kebiasaan selama ini yang menghabiskan mayoritas waktu, juga paketan data, untuk berseluncur di media sosial? Di dalam buku yang diterbitkan Kemenkominfo tersebut, disebutkan beberapa tips yang mungkin berguna untuk anda.

1. Sesuaikan penggunaan media sosial dengan minat dan kebutuhan. JIka Anda menyukai fotografi, maka media sosial yang cocok digunakan adalah Instagram. Jika Anda menyukai vlogging, maka tujuannya adalah Youtube. Begitu seterusnya.

2. Komitmen membagi waktu. Jangan sampai Anda terlena dengan mengakses media sosial secara terus menerus. Ingat orang-orang yang ada di sekeliling Anda, mulai keluarga, tetangga, teman kerja, dan sebagainya. Alangkah baiknya jika bisa bertemu tatap muka dengan mereka.

3. Perbanyak kegiatan di luar rumah. Terutama kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan profit.

Sumber gambar: infokampus.news

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kyleigh Potts, Seorang Transgender yang Terobsesi dengan Kylie Jenner

Kyleigh Potts, Seorang Transgender yang Terobsesi dengan Kylie Jenner

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi Polio untuk Anak

Manfaat dan Efek Samping Imunisasi Polio untuk Anak