Sering Bermain Media Sosial Bikin Kepercayadirianmu Menurun
Sumber gambar: www.timeshighereducation.com
in

Sering Bermain Media Sosial Bikin Kepercayadirianmu Menurun

UGET UGET – Bermain media sosial memang menyenangkan. Kamu bisa berkomunikasi dan mengetahui aktivitas orang lain dari jauh. Kamu pun bisa mencari referensi apapun dengan mudah hanya berbekal koneksi internet. Mulai dari makanan, gaya berpakaian, model rambut, pernak-pernik ruangan, dan sebagainya. Saking banyaknya hal yang ingin diketahui, bermain media sosial pun menyita banyak waktu.

Halaman media sosial menjadi tempat berbagi cerita hingga pamer. Tak jarang, unggahan seseorang menimbulkan kecemburuan sosial bagi siapa pun yang melihatnya. Di media sosial memang biasanya orang mengunggah sesuatu yang sifatnya membahagiakan, bukanlah kegalauan, apalagi kesedihan. Karenanya banyak orang beranggapan bahwa kehidupan orang lain jauh lebih indah daripada kehidupannya.

Pada feed Instagram, banyak kita temui momen ceria bersama teman, kecantikan paras artis hollywood, kehangatan bersama keluarga, foto mesra sepasang muda-mudi, foto makanan dan minuman yang begitu menggugah selera, hingga update menarik momen berlibur seseorang. Apakah kamu pernah merasa iri hanya dengan melihat foto-foto itu?

Sering Bermain Media Sosial Bikin Kepercayadirianmu Menurun
Sumber gambar: www.timeshighereducation.com

Memang bermain media sosial ada positif dan negatifnya. Seperti sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Copenhagen menemukan fakta bahwa bermain media sosial menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Dilansir nationalgeographic.co.id (19/4), banyak orang yang bermain media sosial terkenal seperti Facebook menderita “Facebook Envy”. Sedangkan, mereka yang tidak menggunakannya mengaku merasa lebih puas dengan kehidupannya.

Ya, ini dikarenakan orang cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain. Kemewahan, keindahan, dan segala sesuatu yang tampak indah di social media tak dipungkiri dapat membuatmu rendah diri. Kamu jadi merasa hanyalah butiran debu apabila dibandingkan dengan orang-orang sukses dan kaya di luaran sana.

Akhirnya, kamu pun mulai merasa tidak puas akan hidupmu dan akan apa yang kamu miliki. Ketidakpuasan inilah yang membuat kamu lupa untuk bersyukur. Setiap hari hanya cemberut, mengeluh, dan mengutuk dirimu sendiri.

Makin lama media sosial membuatmu terus menerus mengurusi urusan orang lain. Akibatnya kamu pun lupa akan potensi dan kelebihanmu. Pun, waktu yang seharusnya kamu pergunakan untuk mengembangkan diri, malah terbuang sia-sia. Karenanya, ayo ingat kembali tujuan hidupmu, dan jangan mudah terhasut dengan apa yang beredar di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Persiapkan Anak Masuk Perguruan Tinggi Berkualitas dengan Sodorkan Permainan Lego Saat Kecil

Persiapkan Anak Masuk Perguruan Tinggi Berkualitas dengan Sodorkan Permainan Lego Saat Kecil

Sebenarnya Apa Memakai Sedotan Benar-Benar Perlu?

Sebenarnya Apa Memakai Sedotan Benar-Benar Perlu?