Berjalan Kaki di Dalam Kolam Renang Bagus Untuk Terapi Otot, Tulang, dan Sendi
Sumber gambar: www.novizivot.net
in

Berjalan Kaki di Dalam Kolam Renang Bagus Untuk Terapi Otot, Tulang, dan Sendi

UGET UGET – Renang adalah olahraga air yang menyenangkan. Berenang dapat membuat badan lebih rileks dan segar, seakan penat itu hilang. Selain manfaat itu, renang juga memiliki manfaat positif lainnya untuk kamu yang memiliki masalah nyeri sendi dan otot lho. Berjalan kaki di dalam air terbukti dapat menjadi terapi penyembuhan yang aman. Penasaran? Ini penjelasannya.

Berjalan kaki di dalam air itu berbeda dengan di darat. Di dalam air, tekanannya lebih berat sehingga butuh upaya lebih keras untuk menggerakkan kaki. Apalagi ketika kolam renang sedang penuh-penuhnya, bisa-bisa terombang-ambing air tuh. Namun nyatanya tekanan ini justru menyehatkan persendian dan ototmu lho.

Berjalan kaki di dalam kolam renang dilansir okezone.com (13/3), memberikan perlawanan antara ototmu dengan tekanan air. Hal ini membuat otot bekerja lebih keras untuk bergerak, namun kondisi ini tidak memberikan beban besar pada persendian dan tulang (low impact) yang sedang bermasalah. Sebab, daya apung dari air mengurangi tekanan pada sendi dan tulang.

Bagi kamu yang tak bisa berenang – namun ingin melatih persendian dan otot – cara ini bisa menjadi pilihan. Karenanya tak jarang pula kita menemukan orang yang hanya berjalan ke sana ke mari di kolam renang. Kadang juga menjengkelkan ketika mereka justru mengganggumu yang sedang asyik berenang, karena mondar-mandir sambil berdiri begitu. Namun jangan heran dan kesal dulu guys, memang berjalan di dalam air itu terapi yang ampuh untuk kaki.

Di samping berjalan kaki, akan lebih baik jika kamu menggerakkan seluruh badanmu dengan gaya renang yang benar. Sehingga ini bisa semakin memperkuat tulang dan ototmu. Apalagi tekanannya yang cukup berat membuat renang menjadi olahraga yang ampuh bakar kalori. Enak kan, bakar kalori tanpa keluar keringat bau.

Apalagi jika kamu rutin berenang seminggu dua kali, wah tak hanya kalori yang terbakar, ototmu juga semakin terbentuk tuh. Dan tentu kamu pernah menemukan kolam renang yang dinginnya bukan main kan? Biasanya kolam renang dalam ruangan (indoor) memang dingin.

Nah karena itu lebih baik pilihlah kolam renang dengan air yang hangat. Dan biasanya kolam renang outdoor jauh lebih hangat, terlebih setelah terkena panas matahari. Berenang akan lebih nyaman kalau airnya hangat. Sebab air hangat membantu memberikan efek menenangkan untuk tulang, otot, dan sendimu lho.

Nah kalau kamu seberapa sering berenang? Apa kamu juga mendapatkan manfaat tersebut?

Sumber gambar: www.novizivot.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Slugabed Sebutan Buat Si Pemalas yang Mager Beranjak dari Kasur

Slugabed: Sebutan Buat Si Pemalas yang Mager Beranjak dari Kasur

Vending Machine Pembalut Kini Hadir di SMPN 115 Jakarta

Vending Machine Pembalut Kini Hadir di SMPN 115 Jakarta