Bingung Memilih Madu Berikut Cara Membedakan Madu Murni dan Palsu
Sumber gambar: wikiindo.com
in

Bingung Memilih Madu? Berikut Cara Membedakan Madu Murni dan Palsu

UGET-UGETSudah menjadi pengetahuan umum bahwa madu merupakan bahan makanan pengganti gula yang alami. Bahan makanan yang manis ini menyimpan beragam manfaat. Namun di pasaran terdapat madu palsu yang tentu saja tidak dapat memberikan manfaat secara maksimal. Lantas bagaimana cara membedakan madu murni dan palsu? Berikut tipsnya.

Karena madu memiliki sifat yang manis, madu dapat digunakan sebagai gula yang alami dan lebih aman untuk tubuh. Madu dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang menyimpan sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan serta kecantikan.

Pada bidang kecantikan, madu dipercaya ampuh untuk mengatasi jerawat serta melembabkan kulit dan bibir. Selain itu madu juga dapat berfungsi untuk meredakan batuk serta meningkatkan stamina.

Karena manfaat madu yang sangat banyak sekali ini, membuat para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat madu palsu. Madu yang palsu tentu saja tidak dapat memberikan hasil yang maksimal.

Tidak heran apabila banyak orang yang semakin takut untuk membeli madu. Banyak masyarakat yang masih belum tahu bagaimana caranya untuk membedakan madu murni dan palsu. Padahal dengan cara mudah kita bisa membedakan madu murni dan palsu lho. Bagaimana caranya?

Melihat warnanya

Tips yang satu ini adalah tips yang paling mudah. Dengan melihat warnanya, kita dapat membedakan madu murni dan palsu.

Madu murni memiliki warna yang lebih pekat, sedangkan madu palsu memiliki warna yang lebih terang karena dicampur dengan air dan gula.

Meneteskan madu di atas kertas

Kamu bisa menggunakan kertas sebagai alas untuk alat pengujinya, kemudian kamu bisa meneteskan sekitar 3 sampai 5 tetes madu di atas kertas. Tunggu beberapa saat dan diamkan selama 5 menit.

Apabila setelah 5 menit kertas tidak basah, maka madu tersebut merupakan madu murni atau madu asli. Sebaliknya, apabila kertas basah, maka madu tersebut merupakan madu palsu karena terdapat kandungan air dalam madu palsu tersebut.

Bingung Memilih Madu Berikut Cara Membedakan Madu Murni dan Palsu
Sumber gambar: wikiindo.com

Membakarnya

Eksperimen selanjutnya adalah dengan membakarnya. Kamu bisa mengoleskan madu pada batang kayu korek api. Kemudian dibakar. Apabila menimbulkan api yang menyala, maka madu tersebut asli.

Masukkan ke dalam air

Cara terakhir untuk membedakan madu murni dan palsu adalah dengan memasukkan ke dalam air. Caranya dengan masukkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air. Jika madu tidak larut dalam air dan terpisah seperti minyak dan air, maka dapat dipastikan madu tersebut madu murni.

Itulah cara membedakan madu murni dan palsu. Mudah bukan tipsnya? Sekarang kamu tidak perlu takut lagi kalau mau membeli madu. Kamu bisa lakukan tips di atas agar tahu apakah madu yang kamu beli adalah madu asli atau palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Gigi Kamu Sakit Coba Gunakan Bahan Alami Pereda Sakit Gigi Ini

Gigi Kamu Sakit? Coba Gunakan Bahan Alami Pereda Sakit Gigi Ini

Masker Yoghurt dan Kiwi

3 Masker Mata Alami Untuk Atasi Mata Panda Kamu