Berdiri Ampuh Singkirkan Berat Badan Daripada Hanya Duduk
Sumber gambar: news.metrotvnews.com
in

Berdiri Ampuh Singkirkan Berat Badan Daripada Hanya Duduk

UGET UGET – Banyaknya tugas, laporan, hingga revisian membuatmu mau tak mau harus berada di depan laptop mengerjakannya sepanjang hari. Ini kamu lakukan demi mengejar deadline. Akhirnya kamu pun jarang bergerak, bahkan cenderung betah duduk berjam-jam. Padahal duduk terlalu lama bisa menimbun kalori lho. Sebaliknya lebih banyak berdiri terbukti mampu menyingkirkan berat badan.

Memang mengerjakan segala sesuatu lebih nyaman dilakukan sembari duduk. Duduk adalah posisi yang paling pas, selain untuk membuat kakimu tak mudah lelah. Namun kelamaan duduk juga tak baik lho, salah satunya bisa bikin gemuk.

Duduk terlalu lama dapat membuat tubuh jarang bergerak. Secara tak langsung ini dapat membuat gerakanmu melambat. Banyaknya tugas, laporan, hingga revisian membuatmu mau tak mau harus berada di depan laptop mengerjakannya sepanjang hari. Ini kamu lakukan demi mengejar deadline. Akhirnya kamu pun jarang bergerak, bahkan cenderung betah duduk berjam-jam. Padahal duduk terlalu lama bisa menimbun kalori lho. Sebaliknya lebih banyak berdiri terbukti mampu menyingkirkan berat badan.

Memang mengerjakan segala sesuatu lebih nyaman dilakukan sembari duduk. Duduk adalah posisi yang pas, selain untuk membuat kakimu tak lelah. Namun kelamaan duduk juga tak baik lho, salah satunya bisa bikin gemuk. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology membuktikan bahwa lebih banyak berdiri bisa menyingkirkan berat badan berlebih yang dihasilkan oleh terlalu lama duduk atau kurang beraktivitas.

Terlalu lama duduk membuat tubuh pasif, akhirnya kalori tak terbakar malah tertimbun menjadi lemak. Penelitian yang dilakukan terhadap 1.184 orang itu menunjukkan hasil bahwa berdiri bisa membakar kurang lebih 0,1 kalori per menitnya. Mungkin jumlah segitu terlihat sepele. Namun jika diakumulasi, ini bisa menunjukkan angka yang mencengangkan juga lho.

Dilansir vemale.com, berdiri selama enam jam saja per hari bisa membantu orang dengan berat badan 143 pounds (64,8 kg) membakar 54 kalori per hari. Dan itu berarti dia bisa menurunkan berat badan 5,5 pounds (2,4 kg) per tahunnya secara alami, tanpa melakukan diet apa pun.

Tuh kan ada pengaruhnya juga duduk terlalu lama. Padahal bagi pekerja kantoran duduk berjam-jam sudah menjadi makanan sehari-hari. Begitu pula dengan mahasiswa semester akhir yang hari-harinya banyak dihabiskan untuk mengutak-atik skripsi. Ditambah lagi jika kamu memang dasarnya jarang dan malas berolahraga. Wah bahaya banget tuh!

Efeknya mungkin tak akan langsung terlihat, namun kamu mesti waspada. Aktivitas fisik memang sudah tak diragukan lagi manfaatnya. Berdiri saja bisa menyingkirkan lemak-lemak jahat. Nah akan lebih baik lagi jika kamu rutin berolahraga nih.

Toh dengan berolahraga, tubuh akan kembali bugar. Dengan kondisi begini, kamu pun akan semakin konsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugasmu. Karenanya, setidaknya sempatkanlah berdiri, berjalan, dan melakukan aktivitas fisik meski simpel dan ringan.

Sumber gambar: news.metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Jangan Mudah Berkata Tidak Peduli Jika Masih Menginginkan

Jangan Mudah Berkata Tidak Peduli Jika Masih Menginginkan

Miris, Hukuman yang Guru Berikan Biasanya Lebih Bersifat Mempermalukan, Bukan Mendisiplinkan

Miris, Hukuman yang Guru Berikan Biasanya Lebih Bersifat Mempermalukan, Bukan Mendisiplinkan