Sport

Benarkah Liga Champions sudah Berakhir Untuk Dortmund

UGETUGET — Liga Champions sudah berakhir untuk Dortmund. Walaupun secara hitungan matematis masih bisa lolos ke fase knock out, kemungkinan lolos itu nyaris mustahil. Untuk benar-benar lolos, Dortmund butuh keajaiban.

Saat ini, Borussia Dortmund berada di peringkat tiga klasemen sementara grup H Liga Champions di bawah Real Madrid dan Tottenham Hotspurs. Meraih satu poin dalam tiga laga membuat Die Borussen membuat catatan terburuk dalam sepuluh tahun terakhir keikutsertaan di kompetisi Eropa.

Ditambah fakta bahwa peluang Dortmund untuk melaju ke fase berikutnya sangat kecil. Kegagalan di dua partai pembuka meraih poin, juga hasil seri yang didapat melawan tim paling lemah di grup H, membuat Dortmund tak punya pilihan selain melupakan Liga Champions.

Kenyataan yang menyedihkan tentunya untuk tim sekelas Dortmund. Dalam hitungan matematika, kemungkinan Dortmund untuk lolos masih ada. Syaratnya, Dortmund harus memenangi tiga laga sisa di fase grup dengan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Syarat lain, Real Madrid dan Tottenham Hotspurs gagal meraih satu pun kemenangan di tiga laga sisa. Sebab, baik Madrid maupun Spurs tinggal membutuhkan empat poin untuk lolos ke fase knock out. Empat poin tersebut sangat mungkin mereka raih dengan bermain imbang di matchday ke empat dan mengalahkan Apoel di kesempatan selanjutnya.

Dengan demikian, poin Madrid dan Spurs akan jadi sebelas dan tidak dapat dikejar oleh Dortmund. Sekali pun Dortmund berhasil menyapu bersih tiga laga sisa, Die Borussen akan tetap gagal ke babak enam belas besar.

Pun dalam hitungan matematika Dortmund masih bisa lolos, tetapi secara logika peluang, Liga Champions sudah berakhir untuk Borussia Dortmund. Ibarat dua buah dadu dilempar yang memiliki tiga puluh enam kemungkinan, Dortmund tinggal punya satu peluang.

Hal ini sangat mengecewakan tentunya buat fans Die Borussen, mengingat tahun-tahun sebelumnya mereka selalu berhasil melewati fase grup dengan skuad seadanya.

Bahkan seorang Juergen Klopp di musim 2014/2015 masih bisa membawa Dortmund sampai perempat final, meskipun mereka terseok-seok di kompetisi domestik dan hanya meraih satu kemenangan dalam separuh musim Bundesliga.

Tentu ini akan jadi pelajaran berharga buat Peter Bosz di musim pertamanya menangani Die Borussen. Pun di kompetisi domestik, Dortmund sedang memimpin perburuan gelar, nyatanya mereka tak bisa bicara banyak di Liga Champions.

Satu lagi kenyataan bahwa Dortmund selalu gagal menang lawan tim besar dalam kompetisi resmi. Ini membuat Peter Bosz harus segera memperbaiki mental tim. Benar Dortmund saat ini sedang memimpin Bundesliga, akan tetapi poin-poin yang mereka kumpulkan selalu berasal dari tim yang di atas kertas dapat mereka taklukkan dengan mudah.

Kalau mereka menghadapi tim yang sepadan, Dortmund selalu tampil payah. Kalau terus-terusan seperti itu, mereka tak akan mampu bersaing di Eropa. Dan musim ini, Liga Champions sudah berakhir untuk Dortmund.

https://www.youtube.com/watch?v=6fJ3Gia7CYM

sumber gambar: detik.com

sumber video: youtube

 

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi