Belajar Tanggung Jawab Berhenti Menyalahkan Orang Lain
Sumber gambar: www.dictio.id
in

Belajar Tanggung Jawab: Berhenti Menyalahkan Orang Lain

UGET UGET – Salah satu kunci mendewasakan diri adalah belajar tanggung jawab atas apa yang sudah kita perbuat. Tidak sedikit yang lupa dengan hal itu. Banyak yang justru terfokus pada kesalahan orang lain, bukan dirinya sendiri.

Komplain adalah salah satu kebiasaan manusia yang sulit untuk dihindari. Mencela atau mengkritik sesuatu jika memang difungsikan untuk kebaikan memang perlu. Tapi sayangnya, banyak yang melakukan itu hanya untuk menuntut lebih dari orang lain dan menutupi kekurangan kiri sendiri.

Tidak sedikit pula yang menyalahkan pihak lain saat kekacauan datang. Menyalahkan orang lain atas kerugian yang kita derita. Lebih baik, sebelum melakukan itu, identifikasi dulu kesalahanmu.

Manusia tidak akan berubah jika hidupnya hanya dipakai untuk mencari kesalahan orang lain. Berusaha membentengi dirinya dengan kesalahan yang dibuat oleh orang lain. Pun meminta pula tanggung jawab dari orang lain.

Hati-hati, jika pun kita dapat berlindung dari itu, sekali pun kita dapat yang kita mau, belum tentu kita bisa bahagia dan belajar dari kesalahan. Bahkan mungkin tidak akan bisa belajar dari kesalahan sama sekali.

Ada hal yang lebih penting untuk melatih kita lebih bertanggung jawab. Pun untuk membuat kita berubah dan belajar dari kesalan. Karena bagaimanapun rasa tanggung jawab itu harus ada di dalam diri kita.

Hal itu tidak lain dan tidak bukan adalah belajar menerima kesalahan dan berhenti menyalahkan orang lain. Apa yang terjadi di hidup kita betapapun juga tentu melibatkan kita di dalamnya. Kita yang membiarkan kesalahan itu terjadi, entah itu lewat kesengajaan atau bukan. Yang jelas, ada peran dari diri kita sendiri yang pada akhirnya mengijinkan kesalahan itu ada dan terjadi di hidup kita. Apapun itu.

Namun bukan berarti ini membuat kita down dan terpusat pada kesalahan saja. Justru dengan ini kita akan mampu memahami arti tanggung jawab pada diri sendiri lalu berjuang untuk memperbaikinya. Menjadi lebih baik dan lebih berhati-hati lagi dalam menjalani hidup kedepannya.

Itulah cara terbaik untuk belajar dari kesalahan sekaligus belajar pula mendewasakan diri. Menyalahkan orang lain tidak akan menjadi solusi malah hanya menambah emosi.

Sumber gambar: www.dictio.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

The Godfather, Mengapa Michael Yang Menjadi Penerus Vito Corleone?

The Godfather, Mengapa Michael Yang Menjadi Penerus Vito Corleone?

Drama Korea Descendants of The Sun Cinta dan Perang

Drama Korea Descendants of The Sun: Cinta dan Perang