Belajar Memahami Usia dari Saddil Ramdani dan Beto Goncalves
Sumber gambar: kompas.com
in

Belajar Memahami Usia dari Saddil Ramdani dan Beto Goncalves

UGETUGET | Usia kadang mempunyai stigma sendiri dalam cara pandang kita. Saddil Ramdani dan Beto Goncalves mempunyai perbedaan usia yang terpaut 18 tahun. Namun dua pemain tersebut dianggap penting di timnas Indonesia senior. Dua nama tersebut mendapatkan undangan persiapan di Cikarang menyambut Piala AFF 2018.

Sebelumnya, penampilan agresif Saddil Ramdani di gelaran Piala Asia U-19 mendapatkan sorotan media asing, salah satunya Football Tribe. Bahkan media tersebut meramalkan Saddil kemungkinan akan memperkuat timnas senior di Piala AFF 2018.

Ramalan tersebut tidak meleset, pemain Persela tersebut mendapatkan panggilan TC di Cikarang bersama 22 pemain lain. Pemanggilan ini memantabkan julukannya sebagai pemain tersibuk di Indonesia.

saddil menggocek pemain kamboja
Sumber gambar: bisnis.com (Saddil menggocek pemain Kamboja).

Kesibukan pemain ini memunculkan rasa rindu bagi klub asal. Sejauh ini Persela Lamongan sudah melakoni 27 laga di Liga 1. Tercatat pemain berusia 19 tahun ini hanya melakoni 11 kali laga dengan torehan 2 gol dan 1 assis.

Dilansir dari bola.kompas.com, sekretaris tim Persela, Muji Santoso, meminta kelonggaran waktu PSSI supaya Saddil ikut memperkuat Persela kala menghadapi Sriwijaya. Hal tersebut mengingat dua pemain lainnya yang absen, yakni Loris Arnaud dan Syahroni.

Nah uniknya, torehan ini tidak membuat Saddil jumawa atau minder. Seusai Piala Asia U-19 pemain ini pun langsung berlatih bersama klub tanpa merengek minta waktu istirahat atau berlibur.

Beto Goncalves, pemain naturalisasi ini juga kerap meninggalkan Sriwijaya. Namun pemain berusia 37 tahun ini mencatatkan 23 laga bersama klub dengan 10 gol dan 4 assis. Torehan yang cukup memuaskan meski kerap dipanggil timnas Indonesia.

Sebagai pemain naturalisasi, pemain kelahiran Brasil ini sudah bermain cemerlang di pagelaran Asian Games. 4 laga dengan 4 gol di gelaran ini menunjukkan bahwa Beto masih garang.

Manajemen SFC, sama seperti Persela, berharap kepergian Beto bisa ditunda hingga usai pertandingan kontra Persela, 2 November nanti. Hal ini dikarenakan kedua klub ini tengah bersaing menjauh dari zona degradasi.

Sebagai atlet dengan usia yang tak lagi terbilang produktif, pemain ini mempunyai peran penting terhadap klub dan tim nasional. Kontribusinya terus dinantikan oleh masyarakat pecinta sepak bola Indonesia.

Pandangan tentang usia, kita bisa belajar dari dua sosok ini. Apalagi pekerjaan ini terbilang cukup membutuhkan mental dan tenaga yang kuat.

Jadi kawan-kawan, hidup itu harus optimis dalam setiap fasenya. Begitulah kiranya yang bisa kita dapat dari dua sosok tadi.

komposisi ajang Asian Games
Sumber gambar: kompas.com (Komposisi ajang Asian Games).

Bertemu Led Zeppelin Lewat The Lucky Laki

Bertemu Led Zeppelin Lewat The Lucky Laki

Merasa Curhat Tentang Cimta Tidak Ada Gunanya

Merasa Curhat Tentang Cinta Tidak Ada Gunanya?