Belajar dari Cobaan Hidup Orang Lain Penting Untuk Penguatan Diri
Sumber gambar: adeand.wordpress.com
in

Belajar dari Cobaan Hidup Orang Lain Penting Untuk Penguatan Diri

UGET UGET – Masalah dan cobaan hidup sudah pasti ada. Ada beberapa orang yang kuat dan merasa tertantang untuk menghadapinya. Namun ada pula sebagian kita yang merasa frustasi dan mudah menyerah. Nah bagi orang yang tidak tahan banting seperti ini, biasanya sering merasa paling menderita dari siapapun.

Beban hidup itu sifatnya relatif. Ada sebuah dalil mengatakan, bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umatNya. Kita perlu berpegang pada keyakinan ini. Mengapa tidak kita nikmati saja cobaan ini?

Ada beberapa kasus, orang merasa hidupnya begitu malang dan sengsara. Sering kali orang mengeluh dan menyalahkan Tuhan. Bahkan sampai ada yang merasa tidak ada satupun orang yang paham akan kondisinya.

Kita perlu mengingat bahwa setiap orang punya jalannya sendiri. Masing-masing orang sudah fokus untuk menghadapi bebannya sendiri. Kamu malah merasa punya beban hidup yang jauh lebih berat, merasa paling menyedihkan di dunia ini. Padahal di luar sana, masih banyak yang tak seberuntung kamu. Maka dari itu, apa yang kita perlu lakukan adalah belajar dari orang lain.

Lihatlah selalu ke bawah, jangan terus memandang ke atas. Dengan begini, kamu akan dapat melihat orang lain yang jauh tak seberuntung kamu. Lihatlah mereka yang sedang didera konflik, mereka yang sedang dirundung kemiskinan, mereka yang sedang sakit, mereka yang mendapat kekerasan, mereka yang dibully, mereka yang difabel, dan sebagainya.

Kurangilah mengeluh, dan perbanyak bersyukur. Kamu bisa belajar ketika kamu tidak merasa masalahmulah yang terberat. Kamu bisa belajar dari keteguhan hati mereka yang mampu berjuang menghadapi masalah.

Dari orang lain, kamu bisa belajar bagaimana menyelesaikan masalah, bagaimana ketegaran hati mereka, bagaimana kuatnya keyakinan mereka akan doa, bagaimana besarnya daya juang mereka, dan sebagainya.

Dari sini kamu bisa belajar melihat dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa menemukan solusimu sendiri. Kamu akan jauh lebih sabar dan tenang menjalani hidupmu. Kamu semakin paham akan lika-liku dan realitas hidup. Bahwasannya, kesenangan dan kesedihan akan bergantian mengisi kehidupanmu.

Sumber gambar: adeand.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Optimisme dalam Menjalani Hidup Selalu Ada Jalan untuk Mencapai Tujuan

Optimisme dalam Menjalani Hidup: Selalu Ada Jalan untuk Mencapai Tujuan

Gendongan Bayi Kaos Kangguru Permudah Ayah Baru dalam Menggendong Anak

Gendongan Bayi Kaos Kangguru Permudah Ayah Baru dalam Menggendong Anak