Kamu yang Sering Begadang Justru Punya Sistem Imun yang Tinggi
Sumber gambar: sehatnesia.com
in

Kamu yang Sering Begadang Justru Punya Sistem Imun yang Tinggi

UGET UGET – “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. Begitu penggalan lirik lagu Bang Rhoma Irama. Selama ini begadang dianggap sebagai kebiasaan buruk yang berbahaya bagi tubuh. Orang yang sering begadang lebih rentan terhadap penyakit stress, hipertensi, jantung, stroke, diabetes, dan penyakit mematikan lainnya. Namun ternyata begadang memunyai manfaat juga lho.

Selama ini orang begadang dengan berbagai alasan, mulai dari kerja lembur, mengerjakan tugas atau skripsi, main game, asyik menonton film, jet lag, dan lain sebagainya. Akhirnya kamu pun melanggar batas jam tidur yang sewajarnya dilakukan.

Kamu yang sering begadang terbiasa tidur belakangan, namun bangun dengan waktu yang sama dengan lainnya yang memiliki jam tidur normal. Artinya kamu memunyai jam tidur yang lebih sedikit. Kebiasaan seperti ini memang berpotensi terhadap penyakit. Apalagi dilakukan secara terus menerus.

Kamu yang Sering Begadang Justru Punya Sistem Imun yang Tinggi
Sumber gambar: sehatnesia.com

Di balik itu, kamu yang kerap begadang justru punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Dilansir teen.co.id, sistem imun dan faktor hormonal seseorang memburuk jika mereka tidak mampu mengatur pola tidur yang teratur. Bagi orang yang suka bedagang, bukan berarti mereka tidak punya pola tidur yang teratur, hanya saja mereka punya jam biologisnya sendiri.

Jam biologis setiap orang ini mungkin saja berbeda. Ada mereka yang jam 20.00 saja sudah mengantuk, ada pula yang tidak bisa kalau menyesuaikan dengan aturan universal jam 22.00 sudah tidur. Malah ada pula yang bisa tidur setelah lewat jam 00.00. Karenanya jam tidur ini tak ada pengaruhnya terhadap melemahnya sistem imun seseorang.

Justru kesehatan tubuh mereka tetaplah terjaga. Kondisi ini apabila begadang dilakukan tanpa meminum kafein dalam jumlah banyak ya guys. Dalam artian memang jam tidurmu lebih lambat dari orang kebanyakan. Kalau begini mungkin kamu adalah orang dengan tipe nokturnal yang masih produktif di malam hari.

Dikatakan punya sistem imun yang tinggi sebab kamu memiliki waktu aktif yang lebih lama daripada mereka yang punya jam tidur normal. Justru sebaliknya, kamu tetap terjaga ketika orang lain sudah pada tepar. Jadi kenali dirimu terlebih dahulu guys. Jangan asal menyimpulkan kalau kamu punya penyakit insomnia, apalagi terburu-buru meminum obat tidur.

Daripada itu lebih baik kenali dulu pola tidurmu. Asal pola tidurmu teratur dan tidurmu cukup, begadang bukan suatu masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cowok Humoris Selalu Memenangkan Hatimu

Cowok Humoris Selalu Memenangkan Hatimu

Wisata Kalibiru, Keindahan Pegunungan Menoreh

Wisata Kalibiru, Keindahan Pegunungan Menoreh