Beberapa Cara Agar Kita Bisa Memperbaiki Hubungan
Sumber gambar: www.beritakapan.com
in

Beberapa Cara Agar Kita Bisa Memperbaiki Hubungan

UGET UGET – Apakah ada yang sedang ingin memperbaiki hubungan dengan pasangan? Memiliki hubungan yang sedang sulit dijalani tapi tidak ingin berhenti begitu saja?

Memang ada saatnya hubungan perlu kita perjuangkan. Tidak selalu mudah mengakhiri apa yang sudah dibangun dengan susah payah. Tidak akan mudah juga melupakan segala masa lalu yang indah dan meninggalkannya begitu saja. Maka dari itu, ada kalanya juga kita berusaha untuk memperbaiki hubungan.

Dilangsir dari wakeupworld.com, ada beberapa cara untuk “menyembuhkan” hubungan kita dengan pasangan yang saat ini tengah tidak baik keadaannya. Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu alasan atau masalah yang terjadi dibalik hubungan kita dengan pasangan. Kebanyakan hal ini bukan karena perbedaan atau setuju dan tidak setuju.

Kita tahu sejak awal tentu kita memiliki perbedaan dengan pasangan, hal ini juga tidak berarti kita harus menyamakannya, tapi membuatnya menjadi serasi. Kalau soal setuju dan tidak setuju itu juga bagian dari kesepakatan. Bukan sesuatu yang pantas jadi perdebatan sengit jika memang kita punya kekuatan yang besar dalam hubungan ini.

Yang sering menjadi masalah adalah  judgement. Kita sering memberi “penilaian” kepada orang lain tanpa tahu pasti yang sebenarnya, termasuk kepada pasangan kita. Jika kita salah melakukannya, dan dia tidak terima, nanti ujung-ujungnya dia akan balik menge-judge kita. Dengan tujuan untuk membela diri. Hal inilah yang akan berbahaya dalam setiap hubungan.

Kembali pada masalah awal memperbaiki hubungan. Lalu, bagaimana kita mengatasi semua itu?

Langkah pertama, berhenti menge-judge diri sendiri.

Kita tidak ingin orang lain menge-judge kita, sedangkan kita melakukan itu pada diri kita sendiri? Ini lucu. Saat orang lain memberi penilaian ABCD kepada kita, bisa jadi memang kita juga pernah melakukan itu pada diri kita sendiri. Kita tahu terkadang apa yang terjadi di dunia ini adalah sebuah refleksi dari diri kita maupun pikiran-pikiran kita sendiri. Hati-hati dengan itu.

Jika ada orang lain yang menge-judge kita, toleh pada diri kita sendiri. Bercermin pada diri kita sendiri. Mungkin saja dulu kita pernah melakukan itu pada diri kita sendiri. Bisa saja kita juga pernah memberikan penilaian ACBD itu pada diri kita sendiri. Setelah sadar begitu, lalu terimalah semua itu.

Langkah kedua, cukupkan mengejudge orang lain.

Menilai seseorang bukanlah bagian dari kepedulian. Jangan sampai kita mencampurkan kedua hal itu. Kita tidak bisa mencintai seseorang dan disaat yang sama kita menge-judge-nya juga.

Cara terbaik ketika kita ingin memberikan dampak positif kepada orang lain adalah dengan menjadi contoh terbaik untuknya. Sedangkan cara terbaik untuk menunjukkan kepedulian adalah dengan memberikan dukungan. Biarkan dia yang mendengarkan kata hatinya. Sadar dengan dirinya. Bukan dengan penilaian-penilaian kita yang masih diragukan kebenarannya.

Langkah ketiga, focus pada hal-hal positif yang dimikili seseorang.

Kita tahu tidak ada manusia yang sempurna. Namun setidaknya pandang pasanganmu sebagai seseorang yang sempurna, hingga tak ada ruang untuk memberikan penilaian buruk untuknya. Ini memang sulit, tapi bisa dilakukan. Kita hanya perlu untuk fokus pada hal-hal positif yang dia miliki. Jangan pernah fokus pada keburukan. Lihat apa yang kita cintai darinya.

Semua orang tidak akan lepas dari kesalahan. Semua orang juga ada sisi buruknya. Kita pun begitu. Jadi, lebih baik, jangan terlalu mempedulikannya. Karena jika salah fokus, ujungnya kita hanya akan sibuk dengan kekurangan dan keburukan itu. Sampai kita lupa hal-hal yang baik darinya. Hal-hal yang kita cintai dari dirinya.

Itulah tiga hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hubungan. Ingat, semuanya butuh waktu. Namun, jika kita benar-benar bisa melakukannya, kita bukan hanya saja bisa memperbaiki hubungan kita, tapi kita juga bisa memiliki hubungan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Good luck!

Sumber gambar: www.beritakapan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Beberapa Alasan Mengapa Kita Susah Tidur di Malam Hari

Beberapa Alasan Mengapa Kita Susah Tidur di Malam Hari

Keistimewaan Cewek Tomboy yang Bikin Kagum Para Cowok, Kemandirianmu Itu Lho

Keistimewaan Cewek Tomboy yang Bikin Kagum Para Cowok, Kemandirianmu Itu Lho