BBM Alternatif, Giliran Untuk Energi Baru Terbarukan
Sumber gambar: spark.adobe.com
in

BBM Alternatif, Giliran Untuk Energi Baru Terbarukan

UGETUGET | BBM atau bahan bakar minyak yang biasa kita gunakan adalah bensin, solar, dan minyak tanah. BBM itu berasal dari fosil yang sudah terkubur selama jutaan tahun.

Meskipun jumlahnya cukup banyak, kalau diambil terus-menerus, lama-lama akan habis. Kita kan tak bisa menggantinya. Sekarang saja persediaan BBM di perut bumi sudah tinggal sedikit.

BBM Bikin Polusi

Asap knalpot kendaraan hasil pembakaran BBM juga tidak ramah lingkungan. Ia menjadi penyebab utama polusi udara.

BBM yang dipakai untuk menjalankan kendaraan bermotor atau untuk menjalankan mesin pabrik menghasilkan zat beracun, seperti CO2, dan CO. Zat-zat itu bila dihirup bisa menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan bisa menyebabkan sakit kanker.

Dari Tanaman Dan Hewan

Nah, dari dua alasan itulah rupanya para ahli menyarankan kita semua untuk segera mencari dan menggunakan BBM alternatif.

BBM alternatif harus bisa diperbaharui dan ramah terhadap lingkungan. Ternyata banyak BBM alternatif yang sudah ditemukan. Namun, kita belum mengenalnya karena belum diperbanyak dan diperjualbelikan.

BBM alternatif itu berasal dari tumbuh-tumbuhan dan lemak serta  kotoran hewan. Yuk, kita lihat beberapa BBM alternatif itu!

Minyak Buah Jarak

Minyak Jarak dalam botol
Sumber gambar: wikipedia.org | Minyak Jarak dalam botol.

Pohon jarak biasanya digunakan petani untuk pagar atau pembatas tanah. Daunnya diambil untuk makanan ternak. Dari hasil penelitian, ternyata buah jarak bisa dijadikan minyak yang kualitasnya sama dengan solar.

Cara membuatnya sederhana sekali. Begini! 10 kg buah jarak dikukus selama satu jam kemudian diblender. Setelah itu diperas hingga minyaknya keluar.

Biasanya 10 kg buah jarak bisa menghasilkan sekitar 3,5 liter. Nah, minyak itulah yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Gas Kotoran Ternak

Kandang sapi untuk biogas
Sumber gambar: informazone.com | Kandang sapi untuk biogas.

Dari kotoran hewan atau bahan tanaman yang telah membusuk akan keluar gas yang disebut biogas. Biogas itu bila ditampung dalam wadah yang tertutup, lalu dibuatkan saluran yang dihubungkan ke kompor, maka biogas itu bisa digunakan untuk menyalakan kompor.

Menurut penelitian, keluarga dengan anggotanya berjumlah 5 orang, memerlukan sekitar 1,25 meter kubik biogas untuk memasak sehari.

Biogas sebanyak itu bisa dihasilkan dari sekitar 40 kg kotoran sapi. Kotoran sebanyak itu bisa diperoleh dari kira-kira 4 ekor sapi.

Jadi, kalau mau menghemat BBM di rumah, satu keluarga idealnya punya 4 ekor sapi.

Minyak Jelantah Setara Dengan Solar

Kalau kita menggoreng ikan, misalnya, kita akan mendapatkan minyak sisa. Namanya minyak jelantah. Minyak jelantah itu agak kental dan berwarna kehitaman.

Sekarang kita jangan sembarangan membuang minyak jelantah. Dari hasil penelitian, ternyata minyak jelantah bisa digunakan sebagai pengganti minyak solar.

Sungguh, kalau mau mengganti solar dengan minyak jelantah, kita perlu menambah sebuah alat pada mesin. Alat ini sangat sederhana dan tidak mahal.

Nama alat itu konverter. Fungsinya sebagai pengubah minyak jelantah sehingga memiliki sifat-sifat menyerupai solar. Sehingga bisa menjadi energi baru terbarukan.

 Alkohol Dari Singkong

Singkong segar
Sumber gambar: wikipedia.org

Pernah meihat orang membuat tape singkong?

Begini, mula-mula singkong yang sudah bersih dikukus, lalu ditaburi dengan ragi. Setelah itu, tutup dengan daun dan diamkan.

Beberapa hari kemudian ia akan berubah menjadi tape. Proses perubahan singkong menjadi tape ini disebut fermentasi.

Bila dibiarkan, tape singkong ini lama-lama akan berair. Air ini berupa alkohol. Sepuluh persen alkohol singkong ini bila dicampur dengan 90% bensin akan menghasilkan BBM yang disebut gasohol. Gasohol itu gabungan dari nama gasoline (bensin) dengan alkohol.

Walaupun kandungan alkohol tape hanya 10% dalam gasohol, tetapi kalau jumlahnya sangat banyak, alkohol singkong ini akan sangat membantu menghemat penggunaan Bahan Bakar Minyak.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Sejarah Celengan, Fakta Unik Piggy Bank

Sejarah Celengan, Fakta Unik Piggy Bank

Kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Hubungan Asmara

Kesalahan yang Biasa Terjadi Dalam Hubungan Asmara