Basa-Basi Penting Untuk Bangun Kedekatan Berelasi
Sumber gambar: www.empowher.com
in

Basa-Basi Penting Untuk Bangun Kedekatan Berelasi

UGET UGET – Basa-basi biasanya identik dengan percakapan yang berbelit dan tidak langsung pada intinya. Orang mulai muak dengan orang seperti ini sebab kini orang cenderung suka pada pribadi yang apa adanya dan spontan. Namun meskipun terkesan remeh dan buang waktu, basa-basi tetap menjadi senjata ampuh dalam berinteraksi.

Basa-basi dapat menjadi pembuka perbincangan. Justru percakapan yang remeh temeh dapat membukakan jalan menuju perbincangan yang lebih serius. Tentu awalnya aneh saat kita memulai dengan topik yang begitu spesifik dan serius. Nanti malah orang akan takut dan merasa insecure pada kita.

Dalam memulai obrolan baiknya kita mencari tahu terlebih dulu topik yang sekiranya dipahami baik olehmu maupun teman bicaramu. Karena itu, menurut Dr. Justine Coupland, seorang ahli sosiolinguistik dan penulis buku Small Talk, tanpa disadari basa-basi memiliki efek yang kuat dan positif dalam interaksi sosial.

Sebab dengan berbasa-basi, baik kamu maupun lawan bicaramu dapat semakin membuka kesempatan untuk mengekplorasi kesamaan yang kalian miliki. Ini penting lho sebagai bekal untuk menguatkan ikatan kalian.

Ingat, hal penting dalam sebuah hubungan adalah membangun koneksi, bukan sekadar berkomunikasi. Sehingga hubungan apapun itu, baik pertemanan, persaudaraan, pacaran, hingga rumah tangga membutuhkan keterikatan yang kuat.

Hanya sekadar menanyakan kabar, atau mengajak orang mengobrol di stasiun, atau di tempat lain yang penuh antrian, menanyakan kondisi di sekitar, dan sebagainya. “Di sini sering macet ya Bu?”, “Belanja mbak?”, “Kapan nikah?”, “Sinten ingkang gerah Bu?”, “Anggap aja rumah sendiri”, “Tambah cantik aja sekarang,” “Sendirian aja nih?”, “Gimana masih sama yang kemarin (pacar)?”, dan lain sebagainya.

Basa-basi ini sebenarnya bukan khasnya orang Indonesia saja. Melainkan setiap orang memang perlu bersikap demikian. Basa-basi ini juga menjadi cara orang bersopan santun. Melalui itu kita juga bisa menunjukkan niat baik kita, dengan menawarkan boncengan, atau menawarkan minum. Harapannya orang akan memberikan penilaian yang baik terhadap kita.

Basa-basi secara tidak langsung menunjukkan karakter kita. Nah tugas kita adalah untuk membuat orang lain nyaman dengan kita. Kenyamanan akan membangun kedekatan. Nah kalau sudah dekat, kita semakin leluasa untuk menyampaikan apapun, tanpa perlu canggung.

Sumber gambar: www.empowher.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Selingkuh Bukan Perkara Kemampuan Tetapi Kemauan

Selingkuh Bukan Perkara Kemampuan Tetapi Kemauan

Sudah Tahukah Kamu Mengenai Perayaan Dark Valentine, Ini yang Para Jomblo Lakukan

Sudah Tahukah Kamu Mengenai Perayaan Dark Valentine, Ini yang Para Jomblo Lakukan