Mengapa Masih Banyak Orang yang Meremehkan Jurusan Kuliah Tertentu
Sumber gambar: virala.id
in

Mengapa Masih Banyak Orang yang Meremehkan Jurusan Kuliah Tertentu?

UGET-UGET | Apakah ketika waktu lebaran kemarin kamu ditanyai saudaramu tentang jurusan kuliah yang kamu ambil? Bagaimana tanggapan mereka? Cukup senang atau malah terkesan meremehkan?

Sudah menjadi hal biasa ketika berkumpul bersama saudara pasti kamu akan diberikan pertanyaan yang aneh-aneh, khususnya untuk kamu yang kuliah di jurusan yang mungkin lain dari umumnya.

Orang umum tentunya tahu jurusan kuliah apa yang terkenal dan kemungkinan memiliki prospek kerja yang jelas. Jurusan kuliah seperti kedokteran, manajemen, akuntansi, dan yang jurusan kuliah lainnya yang banyak peminatnya biasanya dijadikan bahan perbandingan dengan jurusan yang “tidak jelas”.

Mungkin banyak saudaramu yang juga begitu. Apakah kemarin waktu lebaran kamu juga diberi pertanyaan yang aneh-aneh seputar jurusan kuliahmu?

“Kuliah dimana dek? Jurusan apa?”

“UNY Om, jurusan Sastra Indonesia.”

“Jurusan gimana itu? Nanti jadi guru ya?”

“Bukan Om. Jurusan sastra murni, bukan pendidikan.”

“Oh cari kerjanya susah ya itu? Kenapa nggak ambil jurusan yang prospek kerjanya jelas? Kayak kedokteran gitu.”

Ya, seperti itu lah obrolan dengan saudara. Pasti ada saja orang-orang yang meremehkan jurusan kuliah tertentu. Padahal ya jurusan yang diambil juga tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Mengapa Masih Banyak Orang yang Meremehkan Jurusan Kuliah Tertentu
Sumber gambar: virala.id

Jurusan Sastra Indonesia merupakan salah satu jurusan yang sering dipandang remeh oleh orang-orang.

“Ngapain sih kuliah bahasa Indonesia? Kan kita orang Indonesia. Buang-buang waktu dan duit aja.”

Saya sebagai mahasiswa jurusan Sastra Indonesia pun juga terkadang sakit mendengar kata-kata seperti itu. Padahal mahasiswa jurusan Sastra Indonesia juga tidak hanya sekadar belajar bahasa Indonesia. Banyak sekali yang dipelajari. Dan ternyata Sastra Indonesia tidak sesempit itu.

Bahkan untuk urusan menentukan S-P-O-K pada sebuah kalimat saja terkadang masih bingung karena teorinya yang sedikit rumit juga. Padahal sih dulu waktu sekolah bisa.

Lain halnya dengan teman saya yang mengambil jurusan Bahasa Jawa juga banyak menerima celaan oleh orang-orang sekitarnya. Katanya sih nggak penting banget ambil jurusan bahasa-bahasa gitu.

Saya sih hanya mau berpesan untuk orang-orang yang suka memandang jurusan kuliah tertentu. Tolonglah, berhenti membandingkan jurusan kuliah. Tidak semua jurusan kuliah yang peminatnya sedikit atau minoritas prospek kerjanya tidak jelas.

Materi kuliah yang dipelajari pun juga tidak mudah seperti yang dibayangkan. Tentunya setiap jurusan memiliki tingkat kerumitan masing-masing pada materi kuliahnya. Jadi berhentilah untuk meremehkan jurusan kuliah tertentu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Maniak Luar Angkasa dari Jogja ini Berhasil Ikut Pelatihan Hidup di Mars Venzha Christ HONF

Maniak Luar Angkasa dari Jogja ini Berhasil Ikut Pelatihan Hidup di Mars. Salut!

Terkuak! Peneliti Inggris Ini Berhasil Menemukan Siapa Pembuat Keajaiban Dunia Stonehange

Terkuak! Peneliti Inggris Ini Berhasil Menemukan Siapa Pembuat Keajaiban Dunia Stonehange