uget uget - Band Musik Performance Art Steak Daging Kacang Ijo (SDKI)
Sumber gambar: steakdagingkacangijo.deviantart.com
in

Band Musik Performance Art Steak Daging Kacang Ijo (SDKI)

UGETUGET – Band musik performance art Steak Daging Kacang Ijo adalah band “aneh” nomor dua yang pernah saya temui. Tentu saja yang pertama adalah Coffin Cadillac. Bagi saya, dua band tersebut sangatlah aneh.

Nama band yang unik bin aneh itu saya dengar dari teman saya yang bernama Iwan Wijono. Ia merupakan salah satu personelnya. Ia terkenal sebagai si manusia hijau atau “green man” pada masa peralihan dari Orde Baru ke Reformasi.

Pada saat menceritakan band musik performance art ini, ia selalu menggebu-gebu. “Dadi, nek pas Steak Daging Kacang Ijo tampil, pentasnya pasti chaos,” ucapnya.

“Lha kowe ki bisa main musik pa bro?”

“Nggak ada yang bisa, si Toni, Bob, karo Teddy ki ra ana sing bisa main musik. Tapi berani tampil dan main musik, dan pasti selalu ramai dan dinanti-nanti.”

Ternyata apa yang dikatakannya benar semua. Tapi saya mempunyai kata yang lebih singkat dan tepat untuk mewakili band tersebut: ambyar. Bayangkan saja, setiap pemain dengan alat musiknya bermain tanpa nada dasar, alias atonal!

Pakem seni musik yang selama itu saya tahu, hancur luluh lantak seketika saat melihat band ini tampil.

uget uget - Band Musik Performance Art Steak Daging Kacang Ijo (SDKI) 2
Sumber gambar: Facebook Iwan Wijono

Saya kurang tahu apa peran serta Iwan Wijono pada saat berdirinya band Steak Daging Kacang Ijo. Banyak sumber yang mengatakan bahwa pendiri dari band SDKI ini adalah empat orang, yaitu Bob Sick, S. Teddy, Yustoni Volunteero, dan Edo Pillu. Tapi yang jelas, kini Iwan Wijono adalah orang yang paling semangat membawa dan menyebarluaskan nama band ini.

Saya baru tahu band SDKI ini pada tahun 2011. Terlambat memang. Tapi saya beruntung karena beberapa kali sempat melihat ambyar band ini tampil. Dan mereka masih tetap konsisten dengan keambyarannya.

Band musik performance art memang sangat menarik. Sering muncul hal-hal unik dan tak terduga jika band ini tampil. Dari penonton yang melakukan hal unik, hingga personel Steak Daging Kacang Ijo yang turun dari panggung dan gantian menonton pemain cadangan mereka bermain.

Sumber gambar: steakdagingkacangijo.deviantart.com

Punkaz D. Singaraska

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

iklan lucu axis rabu rawit

Iklan Lucu Axis Ini Bikin Ngakak Seribu Bayangan

ugetuget- seperti kisah nabi sulaiman, persiba pindah emirates ke balikpapan

Seperti Kisah Nabi Sulaiman, Persiba Pindah Emirates Stadium Ke Balikpapan