Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Bayi
Sumber gambar: www.panduanbayi.com
in

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Bayi

UGET UGETGolden age atau masa emas pertumbuhan setiap manusia berada di masa bayi antara 0 sampai 12 bulan. Pada masa itu, gejala sekecil dan seminim apa pun sangat berpengaruh di masa selanjutnya. Maka, bagi Anda yang memiliki anak kecil, sudah seharusnya memperhatikan sekecil apapun tingkah laku anak kita.

Pada masa itu, bayi hanya bisa melakukan dua hal, makan dan tidur. Selain makan, tidur adalah waktu utama bayi untuk menembangkan hormon-hormon pertumbuhan, serta merangsang perkembangan otaknya. Bagaimana posisinya tidur, juga berimplikasi pada bagaimana ia menjalankan perkembangan dan pertumbuhan tersebut.

Salah satu yang sering menjadi perdebatan adalah posisi tidur tengkurap bagi bayi. Tengkurap sendiri merupakan fase perkembangan kekuatannya dari posisi tidur terlentang dan miring. Posisi tengkurap itu membantu bayi untuk bisa mengangkat kepala, yang berlanjut pada perkembangan dia bisa duduk dan berjalan.

Bagi para orang tua, posisi tengkurap ini memang memiliki manfaat. Namun juga jangan sampai dilupakan, bahwa dampak negatif pun bisa diakibatkan posisi ini dari beberapa hal. Untuk itu, perlu pemahaman yang mendalam, dalam waktu dan keadaan bagaimana tengkurap bisa membahayakan bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi.

Bagi beberapa dokter spesialis anak, salah satu bahaya tidur dalam posisi tengkurap bagi bayi dapat menyebabkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), kematian mendadak bayi yang berumur di bawah satu tahun. Memang belum ada penelitian yang menunjukkan penyebab utama dari SIDS, tetapi posisi tidur tengkurap yang tidak baik diyakini menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk menghindari hal tersebut, beberapa hal perlu orang tua ketahui, sebagai salah satu proses antisipasi dari bahaya tidur tengkurap bagi bayi. Sebab, walaupun tidur tengkurap merupakan salah fase pertumbuhan, namun kesalahan-kesalahan kecil harus dihindari.

1. Alas tidur yang mengganggu pernafasan

Orang tua harus memerhatikan alas tidur yang digunakan bayi secara seksama. Dalam posisi tengkurap, hidung dan sistem pernapasan bayi berada di bawah, bersentuhan langsung dengan alas tidurnya.

Selain pada hidung, proses pernapasan juga bisa terganggu karena dada menjadi penopang utama dalam posisi tengkurap. Maka Anda perlu memakai alas tidur yang sekiranya tidak akan mengganggu proses pernapasan bayi. Bisa dengan alas yang lebih empuk pada bagian dada, dan alas yang tidak mengganggu proses pengeluaran dan pemasukan udara pada hidungnya.

2. Tengkurap terlalu lama juga berbahaya

Apapun yang dikerjakan secara berlebihan, meski awalnya bermanfaat, tetap akan berdampak buruk. Sama seperti posisi tengkurap. Ada baiknya, tetapi jika terlalu lama bisa menyebabkan penurunan kinerja pada jantung bayi. Penyebabnya tentu karena posisi jantung yang berada di bawah dan tertindih, serta harus menopang badan yang berat.

Posisi ini akan membuat jantung tidak leluasa dan harus bekerja keras untuk memasukkan dan mengeluarkan udara yang terganggu oleh berat badan.

3. Hati-hati gangguan sistem saraf

Selain jantung yang tertindih oleh berat badan, sistem saraf juga mengalami kerja yang berat. Posisi yang lain dari biasanya, di mana bagian perut yang menopang berat badan, juga bisa membuat saraf bayi terjepit dan tertekan. Apabila keadaan ini berlangsung lama, maka bisa jadi sistem saraf bayi Anda berfungsi tidak seperti biasanya.

Demikianlah hal-hal penting yang harus orang tua tahu tentang bahaya tidur tengkurap bagi bayi. Tapi tak perlu terlalu risau. Sebab bayi juga sudah bisa bertindak sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Jika Anda melihat, ketika tidur dan merasa terganggu dengan posisi tengkurap, biasanya ia akan membalikkan badan sendiri dan mengubah posisi. Maka seharusnya orang tua tahu keadaan itu, dan sebisa mungkin menyiapkan space yang besar agar bayi bisa bergerak sesuai keinginannya.

Sumber gambar: www.panduanbayi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Madinat al-Zahra Spanyol, Bukti Cinta Raja Pada Sang Kekasih

Madinat al-Zahra Spanyol, Bukti Cinta Raja Pada Sang Kekasih

Pria Ini Menikah Dengan Dirinya Sendiri, Gimana Mblo?

Pria Ini Menikah Dengan Dirinya Sendiri, Gimana Mblo?