Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh
Sumber gambar: klikdokter.com
in

Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan Tubuh

UGETUGETApa yang terjadi jika kita kekurangan cairan atau bahaya dehidrasi mengancam? Pembaca sekalian mungkin tahu jawabannya.

Ya, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, bahwasanya dalam tubuh manusia itu hampir seluruhnya mengandung air. Kalau dikira-kira sekitar 70% lebih. Itupun sebuah fakta yang sangat mengejutkan.

Tapi jangan langsung minum air kebanyak. Minum air dengan sekadarnya saja. Tak kurang dan tak lebih.

Lalu apa sih gejala dan efek dehidrasi bagi tubuh?

Dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh ditandai dengan dua gejala utama, yaitu rasa haus berlebih dan urine berwarna gelap serta pekat. Tak hanya itu, dehidrasi pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius jika dibiarkan.

Nah, inilah efek bahaya dehidrasi yang mengancam bagi kesehatan tubuh.

Syok

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan volume cairan dalam tubuh. Saat tubuh tidak dapat melakukan kompensasi terhadap hal ini, maka tekanan darah ikut turun drastis.

Penurunan ini mengganggu pasokan oksigen ke sel-sel tubuh sehingga kerja organ vital pun ikut terganggu.

Koma

Syok yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan kurangnya pasokan darah dan oksigen ke otak. Ketika otak kekurangan oksigen untuk bekerja, maka terjadi koma. Akibat lainnya adalah kegagalan fungsi banyak organ vital dalam tubuh.

Gagal ginjal

Kurangnya volume cairan dalam tubuh menurunkan filtrasi glomerulus yang terjadi pada ginjal untuk mencerna urine sehingga fungsi ginjal terganggu. Tidak heran mereka yang terkena dehidrasi produksi urine-nya berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Gangguan elektrolit dan kejang

dehidrasi air
Sumber gambar: wolusongo.wordpress.com

Banyaknya cairan yang keluar dari tubuh dapat diikuti dengan gangguan keseimbangan elektrolit. Elektrolit berfungsi mengantarkan sinyal listrik antar sel sehingga menimbulkan gangguan kontraksi otot, ritme jantung, kejang bahkan penurunan kesadaran.

Heat injury

Saat berada di lingkungan yang bersuhu panas, tubuh berusaha mengeluarkan panas lewat keringat. Dehidrasi akibat keringat yang berlebih dan kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan kram dan kelemahan otot.

Kematian

Jika dehirasi tidak segera ditangani, kegagalan fungsi organ vital dan dampak serius lainnya dapat menyebabkan kematian.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Review Guna Manusia: Lirik Ngeri Dari Barasuara

Review Guna Manusia: Lirik Ngeri Dari Barasuara

Lagu Sayang Om Wawes Terinspirasi Dari Lirik Lagu Bahasa Jepang

Lagu Sayang Om Wawes Terinspirasi Dari Lirik Lagu Bahasa Jepang