Ayah Dibully, Anak Turun Tangan. Begini Cara Hanum Membela Ayahnya
Sumber gambar: instagram
in

Ayahnya Dibully di Sosmed, Anak Turun Tangan. Begini Cara Hanum Membela Ayahnya

UGETUGET – Apa mau dikata, tak ada peraturan yang membatasi di dunia maya. Tak ada norma pun tata cara, tentang siapa yang boleh atau tidak boleh di­-bully. Di dalam internet, dunia digital, dunia maya, sosial media (sosmed), semua rata. Semua sama.

Maka, tak heran saat CNN Indonesia merilis pemberitaan mengenai peryataan Amin Rais bertajuk “Tuhan Malu tak Kabulkan Doa Umatnya” mendapat beragam tanggapan dari netizen. Ada yang setuju, lebih banyak yang tidak.

Tak terima ayahnya mendapat serangan bertubi-tubi dari netizen, anak Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais, pun naik ke panggung. Melalui akun twitternya, @hanumrais, dirinya berujar bahwa apa yang diberitakan oleh CNN Indonesia merupakan hoax.

“Terus-terusin aja fitnahnya ya @CNNIndonesia dan pertahankan reporter hoaxer Gloria Safira Taylor yang entah udah berapa kali memframing berita AR dgn agenda jahat. Mudah-mudahan jadi pahala buat kami semua. Selamat teruslah berkarya dengan fitnahmu” ucapnya pada tanggal 10 Juni di media sosial Twitter.

Menurut penulis novel-novel yang sudah diangkat ke layar lebar seperti Bulan Terbelah di Langit Amerika dan 99 Cahaya di Langit Eropa ini, berita yang disampaikan oleh CNN tidak hanya bersifat hoax, melainkan juga berpotensi untuk menegatifkan nilai Amien Rais dengan framing beritanya.

Hingga kini, cuitan Hanum Rais sudah di-retweet sebanyak 1.200 kali dan mendapatkan komentar sebanyak 237.

Kenyataan Berbeda dari Harapan

Ayah Dibully, Anak Turun Tangan. Begini Cara Hanum Membela Ayahnya
Sumber gambar: instagram

Namun, benar kata pepatah lama, “Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan”. Niat hati sang anak untuk meluruskan berita dan mengingatkan masyarakat Indonesia akan perjuangan Amien Rais, malah berujung sebaliknya. Meski memang ada komentar yang mendukung tindakan Hanum, tidak sedikit netizen yang mempertanyakan sepak terjang Amin Rais.

Di forum Kaskus, berita seperti ini malah banyak mendapatkan caci daripada simpati.

Thread yang dibuat oleh akun stratofortess, di mana ia memindahkan berita dari CNN sebagai thread baru, telah dikomentari sebanyak 144 kali. Rata-rata netizen memberikan komentar buruk atas tindakan dan pernyataan dari Amien Rais.

Sedang saya, sebagai orang yang membanding-bandingkan berbagai komentar yang tersaji di media, tidak bisa berbuat banyak. Menurut saya, apa yang dikatakan oleh Pak Amin memiliki kebenaran, jika menyangkut kitab suci Al Quran dan Hadis. Sebagai seorang muslim (yang tidak baik dan jauh dari tindakan sholeh), saya memahami benar keinginan dan kegelisahan Pak Amien untuk memberikan bangsa ini pemimpin terbaik.

Namun perlu saya garis bawahi, benar jika menyangkut kitab suci. Maka, permasalahan penggunaan ayat kitab suci dan pemaknaannya, itu adalah urusan personal. Sebagai orang yang dikenal sebagai sosok cendekiawan muslim, saya yakin jika Pak Amien benar-benar memahami apa yang diucapkannya. Tapi, jika apa yang diucapkannya berpotensi membawa kericuhan dan perpecahan, apakah masih perlu untuk diucapkan. Bukankah kitab suci selalu mengajarkan untuk menjaga perdamaian? Barangkali kamu bisa menjawabnya.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

KURMA

5 Menu Buka Puasa Khas Indonesia yang Bikin Kamu Merindukan Bulan Ramadhan

Mudik Lebaran 2018, Google Buat Doodle Baru

Mudik Lebaran 2018, Google Buat Doodle Baru