Axolotl, Salamander yang Tidak Dewasa. Masih Remajakah?
Sumber gambar: quarkmag.com
in

Axolotl, Salamander yang Tidak Dewasa. Masih Remajakah?

UGETUGET | Ada yang pakai topi sombrero meliuk-liuk bergerak di air! Mirip ikan, tapi bukan. Salamander? Bukan juga, Apa, ya? Sombreronya terangkat, ternyata Axolotl, si penghuni danau di Meksiko!

Dewa Kematian yang Imut

Axolotl mirip nama Dewa Kematian, Xolotl. Serem! Tapi axolotl imut. Warnanya macam-macam. Ada putih, cokelat, hitam, oranye, dan lain-lain. Enam insang di lehernya berwarna merah. Kata peneliti, itu karena Axolotl banyak makan daging merah.

Si Neoteny

Axolotl itu jenis salamander, tapi unik! Salamander punya beberapa tahap metamorfosis. Ketika sudah melewati semua tahap, insangnya hilang. Lalu, punya paru-paru dan bisa hidup di darat.

Nah, Axolotl tidak melewati semua tahap metamorfosis. Jadi, ia tetap punya insang dan hidupnya di air saja. Makanya, sering dibilang nggak dewasa. Keunikannya itu disebut neoteny.

Seekor axolotl
Sumber gambar: en.wikipedia.org

Jadi Ibu dan Bapak

Walaupun bentuknya tidak dewasa, Axolotl tetap bisa jadi ibu dan bapak. Bahkan, ia lebih mudah bertelur ketimbang salamander biasa. Telurnya besar dan kuat.

Axolotl cukup berbahaya. Ia suka melahap hewan yang lebih kecil. Misalnya, ikan kecil, udang, dan cacing. Jadi, sebaiknya ia dipelihara di akuarium yang terpisah.

Eksperimen yang Bikin Stres

Cukup banyak orang yang memelihara Axolotl. Mereka kadang ingin Axolotl seperti salamander lain. Mereka lalu melakukan percobaan atau eksperimen. Axolotl disuntik zat tertentu, sehingga bisa hidup di darat.

Waduh, eksperimen ini justru bikin Axolotl stres. Akibatnya, ia cepat mati! Umurnya hanya 5 tahun. Padahal kalau tidak disuntik, Axolotl bisa hidup selama 10-15 tahun.

Dari Otak Sampai Kaki

Axolotl yang mencari mangsa
Sumber gambar: en.wikipedia.org

Axolotl terkenal dapat menyembuhkan diri. Kalau tubuhnya ada yang rusak atau terluka, ia dapat menjadikan lagi yang baru. Namun, tidak secara cepat. Sekiranya perlu beberapa bulan.

Axolotl dapat menyembuhkan berbagai bagian tubuhnya. Dari otak sampai kaki. Ajaib sekali bukan, teman-teman.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Begini Best Moment 2018 Ala Selebritis Indonesia!

Begini Best Moment 2018 Ala Selebritis Indonesia!

Survive Untuk Perantau Bukan Sekadar Cara Bertahan Hidup

Survive Untuk Perantau Bukan Sekadar Cara Bertahan Hidup