Awas Makanan Berformalin Berbahaya Bagi Kesehatan
Sumber gambar: pekanbaru.tribunnews.com
in

Awas Makanan Berformalin Berbahaya Bagi Kesehatan

UGET UGETFormalin itu termasuk salah satu bahan kimia yang berbahaya, sangat dilarang digunakan dalam produk makanan apapun. Formalin itu berbentuk cairan yang berbau khas. Formalin yang ikut termakan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Contoh-contoh penyakit akibat formalin adalah sakit tenggorokan, perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah, diare, pendarahan, sakit kepala, tekanan darah rendah, kejang, tidak sadar, bahkan koma.

Makanan berformalin juga bisa mengakibatkan kerusakan hati, jantung, otak , limpa, pankreas, sistem susunan syaraf pusat, ginjal, gangguan pada saluran pernapasan, muntah-muntah, kepala pusing, rasa terbakar pada tenggorokan, penurunan suhu badan, dan rasa gatal di dada.

Bahkan kalau terus menerus dimakan, formalin juga bisa menyebabkan kanker.

Formalin Liquid
Sumber gambar: berbagaireviews.com

Tapi sayangnya, sampai saat ini, banyak penjual makanan yang tidak mau tahu bahaya penggunaan formalin itu. Sehingga, mereka tetap menggunakan formalin dalam produk makanan mereka.

Contohnya mi, bakso, tahu, dan ikan asin. Produsen makanan itu ingin agar makanannya tidak mudah busuk dan tahan lama. Sehingga jika barang dagangannya tidak cepat terjual, mereka tidak rugi. Karena mereka masih bisa menjualnya di lain waktu.

Kebetulan formalin itu sangat mudah didapatkan di pasar dan harganya pun murah. Sehingga para produsen makanan bisa mendapatkannya dengan mudah.

Padahal aslinya ada aturan yang telah dibuat pemerintah kalau formalin itu tidak bisa diperjualbelikan dengan bebas. Ada lembaga khusus yang menangani jual-beli formalin itu. Sayangnya itu belum benar-benar dipatuhi.

Sampai saat ini masih banyak makanan berformalin yang beredar di pasaran.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Binatang-Binatang yang Luar Biasa

Binatang-Binatang yang Luar Biasa

Tempat Ini Bikin Pede Untuk Membaca Buku

Tempat Ini Bikin Pede Untuk Membaca Buku