Aturan Tidak Tertulis Seputar Menggunakan Nomor Telepon yang Sebaiknya Kamu Tahu
Sumber gambar: mindtalk.com
in

Aturan Tidak Tertulis Seputar Menggunakan Nomor Telepon yang Sebaiknya Kamu Tahu

UGET-UGET | Di balik orang-orang yang kini mulai banyak menggunakan telepon genggam, tentu saja mereka juga menggunakan kartu dan nomor telepon untuk berkomunikasi. Menggunakan nomor telepon tentu saja tidak main-main karena hal tersebut merupakan data pribadi milik kita yang wajib kita jaga.

Berkaca dari pengalaman saya yang akhir-akhir ini banyak orang yang tidak saya kenal yang menghubungi saya lewat WhatsApp. Tidak hanya satu orang, tapi ada sekitar 3 orang yang mengirimkan chat ke nomor WhatsApp saya.

Mereka menanyakan sesuatu yang mereka butuhkan. Pada awalnya saya menanggapi chat salah satu dari mereka, yaitu orang yang mengirimkan chat pertama kali. Ketika semua masalah sudah terjawab, saya mulai tanya kepada dia. Dari mana dia dapat nomor telepon saya?

Bagi saya itu sangat penting. Karena selama ini saya juga tidak pernah menyebarkan nomor telepon kepada orang-orang yang tidak saya kenal. Saya juga sudah berusaha hati-hati di media sosial. Akhirnya dia menjawab tahu nomor telepon saya dari teman saya.

Oke deh tidak mengapa. Saat itu saya biasa saja. Namun ketika ada orang lain yang tidak saya kenal mengirimkan chat yang sama dan tahu nomor telepon saya dari teman saya, saat itu saya sedikit kesal. Wah berarti nomor telepon saya sudah tersebar. Dari satu orang, lalu orang tersebut menyebarkan nomor telepon saya ke teman-teman lainnya.

Dari pengalaman tersebut membuat saya berpikir bahwa sebaiknya kita harus memiliki etika dalam menggunakan nomor telepon. Ketika kita sudah menggunakan nomor telepon secara bijak, ada saja orang yang bisa menyebarkannya tanpa sepengetahuan kita.

Dalam menggunakan nomor telepon, seharusnya kita memperhatikan etika meskipun aturan tersebut tidak tertulis. Apa saja itu?

HINDARI MENULIS NOMOR TELEPON DI MEDIA SOSIAL

Agar nomor telepon kita terjaga, sebaiknya kita bisa memulainya dari diri kita sendiri. Salah satunya adalah hindari menulis nomor telepon di media sosial. Karena teman-teman di media sosial itu sangat banyak, tentunya kita harus selektif untuk menampilkan data diri kita.

Hal-hal yang bersifat pribadi seperti nomor telepon dan alamat rumah sebaiknya tidak dicantumkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan nomor telepon, kasus penipuan, dan kasus lainnya.

JANGAN MUDAH MEMBERI NOMOR TELEPON KITA KEPADA ORANG YANG BARU DIKENAL

Baru kenalan dengan orang lain sebaiknya jangan langsung dengan mudahnya memberikan nomor telepon kita ke orang tersebut. Bukan bermaksud untuk negative thinking, tetapi kita harus waspada dengan orang-orang sekitar. Tentu saja kita belum tahu orang yang kita kenal tersebut orang baik atau orang jahat, jadi jangan sekali-kali memberikan nomor telepon kepada orang lain yang baru dikenal atau belum dikenal ya.

Aturan Tidak Tertulis Seputar Menggunakan Nomor Telepon yang Sebaiknya Kamu Tahu
Sumber gambar: mindtalk.com

MINTA IZIN KEPADA ORANG YANG BERSANGKUTAN KETIKA ADA YANG MEMINTA NOMOR TELEPON ORANG TERSEBUT

Kalau hal ini berdasarkan pengalaman saya ketika banyak orang yang tidak saya kenal dan mereka mengirimkan chat kepada saya. Ternyata mereka tahu nomor saya dari teman saya. Bukan gimana-gimana, tapi jujur saya sedikit kesal ketika nomor saya mulai tersebar.

Berkaca dari secuil kisah tersebut, seharusnya etika yang baik ketika ada orang lain yang meminta nomor telepon temanmu sebaiknya kamu minta izin dulu dengan temanmu. Belum tentu temanmu mengizinkannya. Agar lebih mudahnya saya buat contoh seperti ini.

Misalnya ada Sinta, Tini, dan Astri. Sinta dan Tini memiliki hubungan teman. Kemudian Tini saat itu membutuhkan sesuatu dan disarankan Sinta untuk menghubungi Astri. Etika yang seharusnya dilakukan Sinta adalah meminta izin dulu kepada Astri, boleh tidak jika Tini meminta nomor teleponnya dan mengirimkan chat kepadanya?

Tidak hanya berhenti pada situasi tersebut. Ketika Tini sudah diizinkan untuk menghubungi Astri, Tini juga seharusnya memiliki etika untuk tidak menyebarkan nomor teleponnya kepada orang lain. Jika ada orang lain yang juga membutuhkan Astri, seharusnya Tini bertanya dulu kepada Astri.

Mengapa etika ini harus dilakukan? Karena tidak semua orang mau dikirimi pesan oleh orang-orang yang tidak dikenalnya. Maka sebaiknya setiap orang harus memiliki etika seperti ini.

Itulah aturan seputar menggunakan nomor telepon yang sebaiknya kamu tahu. Meskipun aturan ini tidak tertulis, tetapi kamu harus mengetahuinya guna kelancaran komunikasi. Gunakan nomor teleponmu secara bijak ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Pede Aja Ladies! Jangan Bersembunyi di Balik Make Up, Karena Kamu Wanita Cantik Natural

Pede Aja Ladies! Jangan Bersembunyi di Balik Make Up, Karena Kamu Wanita Cantik Natural

Pelecehan Seksual Kembali Terjadi, Wanita Wajib Waspada

Pelecehan Seksual Kembali Terjadi, Wanita Wajib Waspada