coworking space
Sumber gambar: bonvoyagejogja.com
in

Apakah Ada Coworking Space di Bantul?

UGET UGET – Coworking space ditandai dengan begitu banyaknya kaum milenial yang beralih pekerjaan, dari yang semula kerja kantoran dan harus menetap pada suatu tempat sekarang telah beralih menjadi pekerja yang begitu fleksibel. Mereka mampu bekerja dari manapun asalkan ada koneksi internet. Gaya hidup semacam ini sudah mulai menjamur di kota-kota besar dan mulai merambah daerah Pinggiran yang juga sudah tersentuh dengan teknologi.

Sebutannya adalah digital nomaden, yaitu sebuah gaya hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam kesehariannya. Mereka tetap bekerja dan menghasilkan uang Meskipun tidak pergi ke kantor atau ke tempat kerja. Memang, tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan cara nomaden seperti ini tapi umumnya jenis pekerjaan modern bisa dikerjakan secara nomaden. Misalnya para penulis, internet marketer atau pemasar di internet, programmer, desainer, fotografer dan semua hal yang berhubungan dengan digital.

Jenis-jenis pekerjaan seperti customer service tidak bisa mengikuti gaya hidup seperti ini. Wajar saja karena mereka harus stay di suatu tempat untuk bekerja. Keunggulan gaya hidup nomaden seperti ini tentu saja adalah masalah kebebasan. Biasanya kaum milenial lebih menyukai bekerja di tempat yang mereka suka. Mungkin di alam bebas dengan pemandangan yang memanjakan mata dan diselingi dengan tiupan angin yang sepoi-sepoi kan menghasilkan lebih banyak inspirasi, selanjutnya akan menghasilkan karya yang menawan.

Itu adalah produktivitas sebenarnya.

Mungkin orang-orang yang lahir sebelum tahun 80-an tidak bisa memahami cara bekerja seperti ini, karena Wajar saja di zaman mereka muda tidak ada teknologi semacam ini. Para pemilik usaha yang lahir sebelum tahun 80-an seharusnya lebih banyak belajar tentang teknologi saat ini.

Butuh Lebih Banyak Coworking Space

Para digital nomaden bukan tidak memerlukan tempat pada saat bekerja, mereka tetap membutuhkan tempat yang nyaman untuk bekerja. Untuk itu di kota-kota besar sudah mulai menjamur Apa yang disebut dengan coworking Space, yaitu tempat bekerja bagi para digital nomaden yang di desain khusus agar mereka nyaman. Coworking space mirip seperti Cafe, dengan desain cozy yang modern dan nyaman serta koneksi internet yang lancar.

coworking space

Coba saja kamu cari di Google Map dengan kata kunci Coworking Space. Di setiap kota pasti ada tempat seperti ini, apalagi kota Jogja, Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya dan kota-kota besar di Indonesia. Bahkan coworking Space juga sudah tersedia dipinggiran kota-kota besar, tetapi jika kamu ingin bekerja di pedesaan yang terpencil Saya rasa belum ada coworking space di sana.

Saya pernah berjalan-jalan di daerah Imogiri untuk mencari coworking Space yang cocok untuk saya gunakan sehari-hari. Imogiri adalah sebuah kecamatan di daerah Bantul Yogyakarta yang memiliki keindahan alam. Di sana ada perbukitan, sawah yang membentang dari utara sampai Selatan, sungai-sungai yang indah dan tentu saja makanan yang murah. Tetapi sayangnya di tempat ini tidak ada coworking Space ataupun Cafe. Sungguh patut disayangkan.

Tetapi ternyata ada yang namanya Bantul community Lounge (BCL), saya menemukannya di Google Map tetapi saya belum pernah datang ke tempat itu. Apakah Bantul community Lounge sama dengan komunitas digital di Bantul, maksud saya semacam komunitas start up di Bantul. Jika memang benar seperti itu, mungkin saja Bantul community Lounge bisa menjadi coworking Space.

Semoga saja.

Sumber gambar: bonvoyagejogja.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Lakukan Lima Tips Menulis Ini Ketika Sedang Tidak Mood Menulis

Lakukan Lima Tips Menulis Ini Ketika Sedang Tidak Mood Menulis

Kesepian Picu Penyakit Tak Kunjung Sembuh

Kesepian Picu Penyakit Tak Kunjung Sembuh