Apa Arti Cinta, Siapkah Hatimu Untuk Memulai Hubungan Pacaran?
Sumber gambar: id.pinterest.com
in

Apa Arti Cinta, Siapkah Hatimu Untuk Memulai Hubungan Pacaran?

UGET UGET – Apa arti cinta? Peningkatan hubungan perlu menghargai proses. Kamu tidak perlu terburu-buru untuk segera mencari sosok pengganti pascaputus. Tentu kalian setuju, pacaran bukanlah untuk main-main karena ada hati yang bermain di dalamnya.

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk memulai pacaran:

1. Kamu dan pasanganmu berhasil move on dari kegagalan hubungan di masa lalu.

Perpisahan seringkali masih menyisakan perasaan sayang. Biar bagaimana pun mantan pernah mengisi kekosongan hatimu. Mereka pernah menjalani hari-hari bersamamu. Ada beberapa momen yang mungkin kembali mengingatkanmu pada masa-masa indah bersama mantan. Siapa yang tidak kesal ketika pacar kalian masih mengingat-ingat mantannya dulu? Apalagi doi sampai membanding-bandingkan dirimu dengan mantannya.

Orientasi doi selalu mengarah ke masa lalu. Bahkan lupa kalau doi sedang menjalani hubungan denganmu. Doi belum bisa sepenuhnya melepas kenangannya bersama mantan. Kalau hubunganmu dengan mantan berakhir kandas, ya berarti hubunganmu telah gagal. Kamu tidak perlu mengungkit-ungkit mantanmu itu. Kamu bisa lebih fokus menggali lebih dalam mengenai pasanganmu sekarang daripada terus membahas masa lalumu.

Kegagalan pun mungkin memunculkan trauma tersendiri bagi sebagian orang. Ketakutan ini sering kali membuatmu mencurigai atau menilai pasanganmu dengan standar yang sama. Keburukan mantanmu bisa jadi dimiliki oleh pasanganmu saat ini. Kamu belum mampu terbuka dengan sosok baru di hidupmu, yang mungkin dialah jodohmu.

Nah, kamu tak boleh menyamaratakan semua lelaki/perempuan yang dekat denganmu seburuk orang di masa lalumu. Kalau kamu masih berpikir atau bersikap seperti ini lebih baik tunda dulu untuk memulai hubungan yang baru. Di lain sisi, ini menunjukkan ketidaksiapanmu dalam berdinamika dengan hati yang baru. Tak masalah untuk memberikan sedikit jeda, agar hatimu benar-benar siap menerima kehadiran orang baru.

2. Bisa menerima masa lalu satu sama lain.

Masa lalu yang buruk biasanya sulit diterima oleh kamu maupun pasanganmu. Kamu beranggapan, masa lalunya jelas akan membentuk doi yang sekarang. Masa lalu yang buruk biasanya dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa kelam. Entah kamu atau pasanganmu tukang selingkuh, pernah memakai obat terlarang, playboy cab kabel, jago nikung, pernah ngompol di kelas, dulu rambutnya kutuan, dan keburukan-keburukan lain yang mungkin tak bisa kalian tolerir.

Sering kali kalian masih sulit menerima masa lalu satu sama lain. Bahkan mengecap kesalahan sebagai sebuah aib yang harus dihindari. Memacarinya berarti menjerumuskanmu pada hal buruk. Menerimanya di hidupmu adalah sebuah kebodohan. Padahal masa lalu itu proses, yang sangat wajar apabila kalian melakukan kesalahan.

Berilah kesempatan satu sama lain untuk membangun sebuah hubungan dengan dasar saling percaya. Meskipun begitu, kamu tidak perlu berharap untuk bisa mengubah sikap doi di masa lalu dengan berpacaran denganmu. Melainkan berilah saja doi kesempatan untuk membuktikan dirinya pantas untukmu.

3. Pastikan kamu bukan pelariannya.

Kalau doi baru saja putus, bisa jadi perasaan sayang pada mantannya masih tertinggal. Kamu harus pastikan betul bahwa kamu bukanlah pelariannya. Artinya, doi memang menaruh rasa padamu. Bukan memanfaatkanmu untuk mengobati kesedihannya.

Biasanya orang yang baru putus cinta akan beradaptasi dengan kondisi yang baru. Tidak lagi bersama mantan membuatnya kesepian. Sosok yang biasa menemaninya kini tinggal kenangan. Doi akan merasa kehilangan. Kehadiranmu di hidupnya bisa jadi sedikit menyembuhkan luka hatinya.

Orang sering kali beranggapan cara move on terbaik adalah dengan membuka hati untuk orang baru. Padahal doi memilih bersamamu hanya untuk mengurangi rasa sakitnya. Atau untuk memperlihatkan pada mantannya bahwa sosokmu telah menggantikan mantannya.  Dia berusaha menghibur dirinya sendiri dengan mencari kesenangan lain. Kebetulan kamu hadir dalam hidupnya. Nah, jangan sampai kamu jadi kesenangan sesaatnya.

Sebaiknya jangan terlalu cepat memulai hubungan ketika kamu atau doi baru saja putus. Lebih baik perluaslah terlebih dahulu hubungan pertemananmu. Putusnya hubunganmu dengan mantan mungkin menjadi cara terbaik takdir memperingatkanmu. Isilah hari-harimu yang kosong dengan memperbaiki hubunganmu dengan temanmu yang sempat merenggang.

Sumber gambar: id.pinterest.com

https://www.youtube.com/watch?v=Qx5jkEHhb0M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cara Jitu Supaya Kamu Tidak Jadi Korban Si Pemberi Harapan Palsu

Cara Jitu Supaya Kamu Tidak Jadi Korban Si Pemberi Harapan Palsu

Tips Hidup Bahagia Jangan Sampai Salah Cara Memandang Dunia

Tips Hidup Bahagia: Jangan Sampai Salah Cara Memandang Dunia