Hal yang Perlu Diperhatikan Anak Kost Ketika Memutuskan Berbagi Kos
Sumber gambar: media.istockphoto.com
in

Hal yang Perlu Diperhatikan Anak Kost Ketika Memutuskan Berbagi Kos

UGET UGET – Bagi anak kost, berbagi kamar kos selain hemat di kantong, juga membuatmu tak akan merasa kesepian. Di samping kamu hanya perlu membayar setengah harga sewa kos, kamu juga semakin memiliki akses untuk bertemu dengan temanmu itu karena kamu tak perlu lagi membuat janji terlebih dahulu.

Lalu hal-hal apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika ingin berbagi kos dengan teman? Berikut ulasannya.

1. Pembagian tugas sebisa mungkin sudah dibicarakan dari awal.

Tugas bersih-bersih yang sebelumnya terasa berat, semakin ringan kala dilakukan bersama. Namun tetap saja kalian memiliki waktu sibuk masing-masing. Kalian belum tentu memiliki waktu lenggang yang sama untuk mengurus kamar kos. Saat tinggal bersama dalam sebuah kamar kos, tentu ruang akan semakin sesak menampung barang-barang kalian berdua.

Penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan seisi kamar kalian. Kala temanmu jorok, kamu pun menjadi tak nyaman berada di kamarmu sendiri. Apalagi banyak tumpahan makanan atau minuman di kamarmu. Temanmu suka menaruh barang sembarangan, selimut jarang dirapikan. Baju kotor bergelantungan di mana-mana, sehingga menjadikan kamarmu sarang nyamuk. Selain mengganggu sirkulasi udara kamarmu, ini juga membuat kamarmu tak indah dan dapat mengganggu kesehatan kalian.

Dengan adanya jadwal, kalian pun akan semakin kompak. Sadar akan tugas masing-masing. Ya meskipun sifatnya bisa saja fleksibel, tidak harus selalu terpaku jadwal. Kesadaran untuk merapikan kamar harus ada pada diri kalian masing-masing. Sehingga kamu tak perlu menggerutu karena temanmu jarang membersihkan kamar. Maka dari itu sebaiknya susunlah jadwal piket sedari awal. Kalau perlu buatlah aturan bersama.

2. Pupuk persahabatan satu sama lain.

Kamu mungkin mengalami hal yang tak enak saat tinggal bersama orang lain. Tinggal bersama orang lain bukan tak mungkin akan muncul pergesekan. Bisa saja kalian berselisih karena hal-hal kecil. Temanmu sering meminjam alat mandi atau bajumu sehingga membuatmu kesal karena tak bisa menghemat ongkos hidupmu.

Temanmu juga sedikit serampangan dalam memakai barang-barang milikmu, gelas dan piring tidak dicuci bersih selepas menggunakannya. Atau temanmu sering tidak tepat waktu iuran bayar kos, sehingga membuatmu harus menalanginya terlebih dahulu. Kamu pun menjadi kesal karena hal-hal sepele seperti ini.

Saat kamu tak suka pada sikap temanmu, bicarakanlah. Tak masalah untuk menegurnya, karena kalian telah memutuskan untuk tinggal bersama. Artinya kalian harus menghargai satu sama lain. Jangan biarkan masalah menumpuk dan merusak persahabatan. Tinggal bersama justru menjadi sarana untuk mempererat hubungan kalian, saling membantu, sebagai tempat curhat, bahkan keluarga bagimu. Melainkan bukan menjadi faktor pemecah belah karena sudah tau jelek buruk satu sama lain setelah tinggal bersama.

3. Bicarakan masalah.

Hidup bersama orang lain memang memungkinkan terjadi selisih pendapat. Kamu maunya begini, temanmu maunya begitu. Kebebasanmu untuk mengeksplorasi diri menjadi terbatas karena tetap harus menghormati inginnya temanmu. Kalian sebagai individu tentu memiliki privasi masing-masing. Ada hal yang tetap harus kalian jaga untuk tak diketahui orang lain. Tentu menjengkelkan ketika temanmu terlalu mencampuri urusan pribadimu.

Begitu pula dengan masalah terkait pembagian tugas tadi. Atau kalian sering rebutan remot tv. Temanmu terlalu ngotot untuk memelihara hewan dalam kamar yang sejujurnya tak kamu sukai. Ada banyak hal yang perlu kalian bicarakan terkait apa yang dapat membuat masing-masing menjadi tak nyaman. Jangan tunggu masalah itu semakin memanas, apalagi sampai kalian saling berurai air mata.

Sumber gambar: media.istockphoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cara Mempertahankan Hubungan Biar Semakin Langgeng

Cara Mempertahankan Hubungan Biar Semakin Langgeng

Tengok Desain Kaos Kaki Unik dan Lucu Binatang Buatan Universal Direct Brand Yuk

Tengok Desain Kaos Kaki Unik dan Lucu Binatang Buatan Universal Direct Brand Yuk