Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Demam?
Sumber gambar: parent-please-deh.blogspot.com
in

Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika Anak Demam?

UGET UGET – Meskipun anak-anak mempunyai daya penyembuhan yang lebih cepat daripada orang dewasa. Tapi sayangnya sistem imun tubuh belum terbentuk secara sempurna. Sehingga anak kecil rentan terserang penyakit. Anak demam dan terkena flu seperti sudah lumrah.

Tapi jangan anggap biasa anak demam. Karena bagaimanapun juga anak-anak perlu penanganan yang tepat. Melansir dari Koran Sindo (9/3), dr Darmady Darmawan SpA menjelaskan bahwa demam bukanlah sebuah penyakit seperti yang diketahui oleh masyarakat pada umumnya.

Ternyata demam merupakan salah satu wujud dari bentuk respon perlindungan tubuh. Jadi bila ada tanda suatu virus ataupun bakteri akan masuk ke dalam tubuh, maka otomatis tubuh akan menjadi panas.

Hal ini terjadi karena sistem imun memberikan respon kepada tubuh untuk menaikkan suhu badan hingga 36,5-37,5 derajat Celcius. Dengan naiknya suhu tubuh, maka bakteri dan virus akan berkembang biak lebih lambat.

Orang tua biasanya khawatir dan panik bila anak mengalami peningkatan suhu tubuh. Tapi, seringnya mereka tidak membawa anak-anak ke dokter, puskesmas atau rumah sakit. Mereka pun hanya mengukur panas tubuh anak dengan menggunakan perabaan tangan. Tentunya analisa yang akan didapatkan kurang lengkap dan detil.

Sebaiknya selalu persiapkan termometer badan untuk berjaga-jaga bila anak mengalami demam. Dengan demikian, orang tua akan tahu secara pasti penanganan yang harus dilakukan.

Selain itu selalu siapkan obat-obat penurun panas dan demam. Hal ini sifatnya hanya untuk tindakan pertama saja.

Dr Darmady menyatakan bahwa anak demam bisa diobati di rumah. Tapi, orang tua tetap harus waspada dan tahu kapan waktu yang tepat untuk membawa anak ke rumah sakit atau puskesmas.

Jika anak masih berusia kurang dari tiga bulan, atau suhu tubuhnya mencapai 39 derajat Celcius, maka segera konsultasikan ke dokter atau pergi ke puskesmas terdekat.

Orang tua memang harus cekatan. Tapi jangan terlalu panik, karena orang tua juga harus memperhatikan kondisi mental si anak. Artinya, orang tua harus bisa memberikan kenyamanan dan semangat yang diperlukan oleh anak-anak. Sehingga anak akan terus berkeinginan untuk sembuh.

Sumber gambar: parent-please-deh.blogspot.com

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Andi Mbendol Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Lagu Jawa

Andi Mbendol Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Lagu Jawa

Lima Manga yang Wajib Kamu Ikuti, Kenapa? 1

Lima Manga yang Wajib Kamu Ikuti, Kenapa?