Ambil Poin Di Raja Manggala Stadium!
Sumber gambar: style.tribunnews.com
in

Ambil Poin Di Raja Manggala Stadium!

UGETUGET | Timnas Indonesia akan meladeni Thailand di Raja Manggala Stadium, Bangkok. Tentu masyarakat Indonesia berharap Dewi Fortuna berpihak di kubu Indonesia. Mengingat perkembangan tim yang belum menjanjikan.

Tentu Timnas Thailand lebih percaya diri, pasalnya mereka berhasil menumbangkan Timor Leste dengan skor 7-0 dan tim ini akan berlaga di rumah sendiri.

Meski demikian, pertandingan kedua negara ini selalu ditunggu oleh pencinta sepakbola. Sebab selalu menyajikan pertandingan yang seru dan tidak monoton.

Tercatat dalam 6 pertemuan terakhir, tidak pernah menghasilkan skor imbang. Thailand memenangkan pertandingan sebanyak 4 kali, sedangkan Indonesia hanya 2 kali kemenangan.

Apalagi timnas Thailand menyandang gelar sebagai juara bertahan. Thailand juga menjadi negara paling sering menyabet Piala AFF sejak digelar pada tahun 1996. Tercatat pada tahun 1996, 2002, 2014, dan 2016.

Sedangkan Indonesia belum sama sekali mengecap madu trofi Piala AFF. Indonesia hanya menyandang spesialis runner-up. Pencapaian ini tentu menjadi peta ketidak seriusan segala sisi yang terlibat dalam perkembangan sepakbola, seperti federasi, liga dan klub.

selebrasi timnas Indonesia
Sumber gambar: bogor.tribunnews.com (Selebrasi timnas Indonesia).

Menimbang performa di pertandingan terkahir melawan Timor Leste, timnas masih diragukan untuk mengimbangi The War Elephants. Permainan masih belum terlihat kompak. Lini pemain tengah juga kurang kuat.

Hingga akhirnya di babak kedua, masuknya Riko Simanjuntak dan Lilipaly membuat permainan agak lumayan menarik. Meski kualitas permainan masih jauh dari ketika tim ini ditangani Luis Milla.

Indonesia harus pulang mendapatkan poin agar peluang untuk lolos ke semifinal terjaga. Memang Indonesia menjadi langganan lolos ke semifinal, namun di tahun ini seolah kehilangan gairah untuk bermain.

Sampai saat ini tiga tim lain, Filipina, Singapura, dan Thailand, sama-sama mengoleksi poin tiga. Filipina dan Thailand juga baru melakoni 1 kali pertandingan. Tentu Indonesia harus menjauh dari kekalahan.

Bima Sakti harusnya melihat bahwa peranan Riko Simanjuntak cukup penting untuk mengobrak-abrik pertahanan tim. Sebab performa Febri Hariyadi di laga-laga sebelumnya belum maksimal.

Kemudian di wilayah bek sayap, Al Fathier dan Gavin jauh dari kata maksimal. Peranan dalam menjaga sektornya masih sering kecolongan. Begitupun kontribusi mereka dalam menyuplai bola-bola manja bagi pemain serang.

Statistik AFF mencatat, Timnas Indonesia tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 64 persen. Adapun Timor Leste hanya mendapatkan 36 persen penguasaan bola.

Hansamu Yama dkk tercatat mendapatkan 15 peluang yang empat diantaranya akurat. Adapun Timor Leste mendapatkan delapan percobaan yang lima diantaranya mengancam gawang Andritany Ardhiyasa.

Eksplosivitas Lillipaly tentu dibutuhkan dalam laga besok. Sebab Septian david setelah lama tidak diberikan menit bermain, mulai kehilangan kepercayaan diri. Septian sering kehilangan bola dan salah umpan.

Harus ada perubahan untuk timnas Indonesia saat melawan Thailand. Apalagi di awal Thailand sudah menunjukkan kegagahannya di partai pertama. Mampukah Indonesia mengimbangi keganasan The War Elephants?

Written by Budi

Sehat selalu.

Hidup Bergantung Pada Orang Lain Tidak Akan Menjamin Kesuksesanmu

Hidup Bergantung Pada Orang Lain: Tidak Akan Menjamin Kesuksesanmu

Mengenal Sosok Kapitan Patimura

Mengenal Sosok Kapitan Patimura